Air Telaga Ngebel Meluap, Menggenangi Jalan Lingkar Telaga

Air telaga ngebel meluab hingga menggenangi separuh lebar jalan lingkar telaga ( foto : kanal ponorogo)
Air telaga ngebel meluab hingga menggenangi separuh lebar jalan lingkar telaga ( foto : kanal ponorogo)

KANALPONOROGO-Debit air telaga Ngebel meningkat dan meluap hingga menggenangi  jalan lingkar telaga, Rabu(18/05/2016).

“Belum tahu mas ini tadi tau-tau air jadi tinggi sekali dan meluber ke jalan pinggir telaga, padahal disekitar telaga sini tidak hujan,”ucap salah satu pengunjung.

Dengan meluapnya air telaga Ngebel hingga menggenangi jalan lingkar telaga ini, pihak Polsek Ngebel segera melakukan koordinasi dengan kantor pengairan Kecamatan Ngebel, dengan harapan agar air yang berada di Telaga Ngebel sebisanya dikurangi.

“Debit ainya menggi hingga meluber ke pinggir jalan lingkar telaga. Karena ini bisa mengganggu kelancaran lalulintas, maka kami segera berkoordinasi dengan kantor pengairan Kecamatan Ngebel agar supaya membuka pintu air keluar untuk mengurangi debit air di telaga,”ucap Kapolsek Ngebel, AKP Supardi.

Dari pantauan, air telah menggenangi hinga separuh dari lebar jalan, hal ini jika tidak segera ada tindakan akan menyebabkan terganggunya kelancaran lalulintas.

Sementara itu, informasi dari bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Ponorogo, debit air telaga telah diturunkan namun tidak secara drastis, karena saat ini adalah musin penghujan dimana saatnya mengisi telaga untuk cadangan pengairan sawah milik petani dimusim kemarau.

Disebutkanya, ada sekitar 6741 hektare sawah yang mengandalkan pengairan dari telaga Ngebel.(wad/kanalponorogo.com)

LEAVE A REPLY