Angkat GERTAK di Skripsi, Bupati Trenggalek Raih Gelar Sarjana

TRENGGALEK, KANALPONOROGO.COM: Bupati Trenggalek, Jawa Timur, Mochammad Nur Arifin melalui skripsinya mengenai program Gerakan Tengok ke Bawah Masalah Kemiskinan dan Kerentanan (GERTAK) yang dijalankan di daerah yang dipimpinnya kini berbuah Nilai sempurna yakni A dalam menyeleseikan studinya di Unitomo Surabaya.

“Kebetulan saya saat ini sedang menyelesaikan Program Sarjana Strata Satu (S1) di Universitas dr Soetomo (Unitomo) Surabaya, sehingga kesempatan ini saya gunakan untuk menguji program GERTAK dalam forum kajian ilmiah saya,” kata Nur Arifin, yang biasa disapa Gus Ipin, di Trenggalek, Jumat,(30/8).

Di depan dosen penguji tesisnya itu, Arifin banyak menyampaikan penerapan program yang justru lebih strategis pemanfaatannya kepada masyarakat kurang mampu di Trenggalek.

“Saya mengulas banyak mengenai penerapan manajemen strategis dalam implementasi GERTAK,” kata Nur Arifin, yang mengerjakan skripsi di sela menjalankan tugas sebagai bupati.

Skripsi Nur Arifin mengenai implementasi GERTAK mendapat nilai A.

Dosen penguji menganggap GERTAK sebagai program yang mampu mengatasi masalah kemiskinan di daerah sebelumnya termasuk daerah tertinggal.

“Bagaimana tidak , seiiring perkembangan GERTAK, kini telah mampu menyediakan beasiswa bagi anak kuliah dari Trenggalek yang tidak punya kesempatan meneruskan studynya padahal dikategorikan brillian,”tuturnya.

Program ini baru pertama di inisiasi di Trenggalek bahkan di tanah air dan sukses mengatasi permasalahan kemiskinan di kota yang dulunya tertinggal ini.

Selain mendapat beberapa penghargaan, GERTAK juga menjadi rujukan program penanggulangan kemiskinan daerah.

“Sudah banyak yang melakukan study banding dengan program ini, baik dari Jatim maupun luar pulau,”pungkasnya.(ham)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here