Babinsa Koramil Badegan Laksanakan Pendampingan Pengamatan Pertumbuhan Tanaman Padi Warga Binaan

Serma Jemani memberikan arahan kepada Bapak Soeran (57 tahun), warga Dusun Bondalem, Desa Tanjung Gunung, Kecamatan Badegan, Kabupaten Ponorogo, Minggu (1/12/2019).

KANALPONOROGO.COM- Sebagai Bintara Pembina Desa (BABINSA) di Desa Tanjung Gunung, Serma Jemani juga merupakan asli warga desa tersebut, hal ini sangat memudahkan dalam melaksanakan kegiatan pendampingan pertanian di wilayahnya. Terlihat pagi ini Serma Jemani melaksanakan pendampingan dengan memberikan arahan merawat padi 65 hari setelah tanam (HST) kepada Bapak Soeran (57 tahun), warga Dusun Bondalem, Desa Tanjung Gunung, Kecamatan Badegan, Kabupaten Ponorogo, Minggu (1/12/2019).

Dalam pendampingannya, selain memeriksa kondisi tanaman ia juga memeriksa hama tanaman padi tersebut. Serma Jemani juga mengarahkan bapak Soeran untuk menambah hasil produksinya agar memakai pupuk organik cair jenis pengatur tumbuh dan buah yang tersedia di kelompok-kelompok tani di Desa Tanjung Gunung.

Serma Jemani yang ahli dalam bidang pertanian, selain membimbing warga Desa Tanjung Gunung juga menanam padi dengan lahan yang cukup luas, ia menanam padi dengan sistem semi organik, yaitu menggunakan pupuk kimia secara terbatas dan didukung pupuk organik padat maupun pupuk organik cair.

Lebih lanjut dia katakan bahwa sebagai seorang Babinsa, ia akan terus memberikan pendampingan kepada para petani untuk mendongkrak hasil luas tanam agar mencapai target yang telah ditentukan dan tentunya demi kesejahteraan para petani itu sendiri mengingat dengan luas tanam yang lebih banyak, kemungkinan panen melimpah akan lebih besar. Kegiatan ini akan terus dilaksanakan untuk mewujudkan pencapaian target ketahanan pangan dan swasembada pangan yang diagendakan Pemerintah.

“Saya berharap para petani menjual hasil panen ke Bulog sehingga serapan gabah di wilayah Kabupaten Ponorogo bisa terus meningkat, dimana yang selama ini serapan gabah sangat rendah dikarenakan banyak petani yang lebih memilih menjual padi kepada para tengkulak. Dengan keberadaan Babinsa, diharapkan mampu memutus rantai perniagaan beras yang selama ini selalu menguntungkan para tengkulak, ” tandasnya. (Mdc0802)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here