Deklarasi Komitmen dalam Menangani Kemiskinan, Stunting dan Percepatan Sanitasi Pemukiman

KANALPONOROGO.COM: Pemerintah Daerah (Pemda) Ponorogo menggelar deklarasi komitmen dalam menangani kemiskinan, stunting dan percepatan sanitasi pemukiman di ruang rapat lantai 2 kantor Bappeda dan Litbang Kabupaten Ponorogo, Kamis(29/08/2019).

“Deklarasi komitmen pemerintah daerah dalam penanganan kemiskinan, stunting dan percepatan pembangunan sanitasi permukiman ini diselenggarakan untuk kemajuan dan menurunkan angka kemiskinan masyarakat Ponorogo,”ucap kepala Bappeda dan Litbang Pemkab ponorogo, Sumarno dalam kata sambutanya.

Sementara itu, Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni dalam kata sambutanya sebelum membuka secara resmi deklarasi menyampaikan,”diharapkan deklarasi ini harus juga diimbangi dengan kerja keras dan komitmen yang tinggi untuk bersama sama menangani kemiskinan, stunting dan percepatan pembangunan sanitasi permukiman. Langkah ini diharapkan mampu menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Ponorogo,”ucapnya.

Dikatakan Bupati Ipong,”stunting Ponorogo pada tahun timbang 2019 mengalami penurunan 1% dari 18,2 % menjadi 17,2%, hal ini Ponorogo cukup berhasil melampaui stunting WHO yang saat ini sebesar 20%,”terangnya.

Lebih lanjut ditambahkanya,”pembangunan infrastruktur sangat penting untuk menunjang perekonomian dan berdampak pada penurunan angka kemiskinan, termasuk didalamnya pembangunan sanitasi dan pemukiman. Untuk itu kerjasama dan komunikasi antar dinas harus terjalin dengan baik, pada tahun 2020 Ponorogo menargetkan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 2000 unit, diharapkan selama 5 tahun ke depan Ponorogo bebas Rumah Tidak Layak Huni dan lengkap dengan Sanitasi,”tegasnya.

Usai dibacakan deklarasi, dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi komitmen pemerintah daerah dalam penanganan keniskinan, stunting dan percepatan pembangunan sanitasi pemukiman oleh Bupati Ponorogo, Komandan Kodim, Sekdakab Ponorogo, pimpinan Bank Jatim, Rektor Unmer Ponorogo, seluruh Kepala Dinas di lingkungan Pemkab Ponorogo, Forum Ponorogo Sehat, Dir RSUD dr Hardjono, Direktur PDAM, dan seluruh camat di wilayah Kabupaten Ponorogo.(red)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here