Dinkes Ponorogo Targetkan 198 Ribu Warga Dapatkan Vaksinasi Rubella

Dinkes Ponorogo Targetkan 198 Ribu Warga Dapatkan Vaksinasi Rubella

KANALPONOROGO.COM, KOTA: Pemerintah melalui kementrian kesehatan pada tahun 2017 menambah 1 jenis vaksinasi lagi untuk melengkapi program nasional imunisasi dasar lengkap, adalah rubella yaitu penyakit menular yang di sebabkan oleh virus.

Virus ini menyebar melalui droplet bersin dan ingus yang terinfeksi. Rubella atau campak Jerman atau seringkali disebut sebagai campak tiga hari merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan menimbulkan demam ringan dengan ruam yang disebut sebagai ruam pungtata dan ruam makulopapular yang menyebar, dan kadang-kadang mirip dengan campak, atau demam scarlet.

Pemerintah pusat menargetkan sebanyak 95 % penduduk Indonesia bebas dari rubella ini.

Sedangkan di Ponorogo sendiri ada 198 ribu lebih warga yang di sasar memperoleh vaksin rubella.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo Rahayu Kusdarini mengungkapkan bahwa pemerataan vaksin rubella ini akan dilakukan di Posyandu dan Puskesmas terdekat, dan akan diberikan kepada anak usia 9 bulan hingga 15 tahun.

“Vaksinasi ini akan serentak dilakukan di seluruh Pulau Jawa pada Bulan Agustus hingga Septemnber. Sedangfkan untuk luar Pulau Jawa akan dilaksanakan mulai tahun 2018,”ucap Rahayu Kusdarini.(brien)

LEAVE A REPLY