Distan Ponorogo Kendalikan Serangan Wereng Coklat Seluas Puluhan Hektar

istimewa

KANALPONOROGO.COM : Bidang Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) Dinas Pertanian Kabupaten Ponorogo mengendalikan puluhan hektar hama wereng coklat yang menyerang tanaman padi.

Pengendalian terpadu ini dilakukan setelah mendapat laporan petani dari 8 wilayah kecamtan di Kabupaten Ponorogo.

Data dari Dinas Pertanian Kabupaten Ponorogo, saat ini tercatat 32 hektar   tanaman padi yang terkena serangan hama wereng coklat.

Meski serangan hama wereng coklat ini masih ringan, namun Dinas Pertanian langsung melakukan aksi dilapangan pengendalian terpadu dan serentak bersama petani setempat, dimana Dinas Pertanian memberikan bantuan pestisida dan petani langsung melakukan aplikasi dilapangan secara bersama sama.

Hasilnya, serangan hama wereng coklat bisa dikendalikan. Meski begitu, Dinas Pertanian meminta kepada petani di Kabupaten Ponorogo untuk terus waspada.

Koordinator Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) Dinas Pertanian Kabupaten Ponorogo, Warni mengungkapkan,”wilayah yang mendapat serangan wereng coklat diantarannya adalah Mlarak, Slahung, Balong, Sukorejo, Kauman dan Siman,”terang Warni.

Lebih lanjut dikatakanya,”dari laporan yang masuk ada 32 hektar tanaman padi yang terserang wereng coklat, dinas telah berupaya melakukan pengendalian  tanaman padi seluas  80  hektar,”ucapnya.

Warni menambahkan, serangan hama wereng coklat saat ini tidak terlalu berpengaruh pada produktivitas padi, mengingat tingkat serangan yang masih ringan.

Pihaknya meminta kepada petani untuk terus waspada dan meningkatkan  pengamatan, pasalnya saat ini sebagian besar tanaman padi di Kabupaten Ponorogo masih dalam fase vegetatif.(ar)

LEAVE A REPLY