Dua Rumah di Madiun Tertimpa Pohon Tumbang

image

KANALMADIUN-Dua rumah di Dusun Pelem, Desa Purwosari, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun, tertimpa pohon tumbang, Kamis(07/04/2016).

Kedua rumah yang tertimpa  pohon tersebut adalah milik Saerah dan Sono RT 13/RW 4 Dusun Pelem, tingkat kerusakan di atas 50%. Beruntung, dalam kejadian itu tidak korban jiwa dan luka dari pemilik kedua rumah, saat kejadian ada dibagian depan rumah
 
“Pohon tumbang adalah ringin berusia tua dan kondisinya rapuh, berada di sendang setempat.  Saat kejadian sesuai dilaporkan warga setempat, malam itu ada angin kencang, lalu pohon roboh menimpa rumah kedua warga letaknya dalam jangkauan. Akibatnya, dahan dan ranting mengenai rumah, penghuni rumah sempat kabur dari rumah untuk menyelamatkan dirinya,” jelas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat Edy Harianto, Jum’at (8/4).

Atas kejadian itu, malam itu diusahakan pemotongan ranting pohon, disusul esok hari dilakukan pemotongan dahan dan batang pohon memiliki ukuran besar. Pemotongan menggunakan gergaji mesin, memerlukan waktu hingga pukul 10.00, lalu kayu bekas potongan dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk berbagai kebutuhan.

Menyinggung soal bantuan untuk kedua rumah tertimpa pohon itu, ia mengatakan perlu dikoordinasikan dengan PU Bina Marga dan Cipta Karya.

“Kami tidak memiliki aggaran untuk perbaikan rumah, kami hanya punya bantuan berupa sembako dan kebutuhan sehari-hari untuk jangka pendek,” ujar Edy lagi.

Sisi lain, jika Pemprov Jatim memperpanjang Tanggap Bencana (TB) dari semula 16 April 2016 menjadi 30 April 2016, justru Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun hingga akhir Juni 2016 mendatang.

“Ada pertimbangan tertentu, yaitu kejadian bencana pernah terjadi hingga Juni,” ujar Edy lagi.(as/kanalponorogo)

LEAVE A REPLY