EBY Manfaatkan Masa Reses Untuk Sosialisasikan RUU BUdaya dan Pendidikan

EBY Manfaatkan Masa Reses Untuk Sosialisasikan RUU BUdaya dan Pendidikan
EBY Manfaatkan Masa Reses Untuk Sosialisasikan RUU BUdaya dan Pendidikan

KANALMAGETAN- Anggota DPR-RI Edhi Baskhoro Yudhoyono (EBY) melaksanakan masa reses di wilayah Dapil VII Jatim tepatnya di Kabupaten Magetan dengan memberikan sosialisasi dan menjaring aspirasi tentang RUU budaya dan pendidikan, Senin( 21/03/2016).

Sebagai titik pertama Edy Baskhoro Yudhoyono atau yang akrab dipanggil Ibas ini mendatangi komplek pendidikan Nahdatul Ulama (NU) di Kelurahan Kepolorejo, Kacamatan/Kabupaten Magetan.

Di komplek pendidikan yang terdiri dari PAUD dan TK Muslimat NU serta Sekolah Dasar Islamiyah NU tersebut Edy Baskhoro Yudhoyono menyampaikan,”budaya itu tidak hanya berkaitan dengan kesenian-kesenian yang bersifat tradisional saja, tapi berkaitan dengan kreatifitas. Selain itu, bagaimana budaya itu juga bisa memiliki payung hukum. Baik untuk budayanya maupun pelaku-pelaku budaya itu sendiri agar bisa terlindungi,”ucap Ibas.

Ibas terlihat akrab dengan siswa SD Islamiyah NU Magetan (foto : kanal ponorogo)
Ibas terlihat akrab dengan siswa SD Islamiyah NU Magetan (foto : kanal ponorogo)

Selain itu, anggota DPR-RI yang berangkat dari daerah pilihan VII Jatim ini juga menyampaikan perlunya upaya untuk membantu pemerintah dalam memberikan perlindungan kepada komunitas-komunitas kebudayaan dan untuk memberikan bantuan dalam pelestarian kebudayaan itu sendiri.

“Kewajiban kita membantu pemerintah dalam pelestarian budaya dan membantu komunitas-komunitas pelaku budaya, agar mereka bisa terlindungi dengan payung hukum,”urainya.

Dengan sambutan kesenian yang diantaranya yaitu, reyog Ponorogo, seni hadroh, seni kerawitan dan drumband, EBY juga disambut sejumlah pengurus Nahdatul Ulama dan Muspika setempat serta para anggota DPRD Kabupaten Magetan dari Partai Demokrat dan pengurus DPC partai Demokrat Magetan.

Ibas menyempatkan untuk bertanya pada para siswa tentang nama dan manfaat sayuran (foto : kanal ponorogo)
Ibas menyempatkan untuk bertanya pada para siswa tentang nama dan manfaat sayuran (foto : kanal ponorogo)

EBY nampak akrab dengan para siswa-siswi Sekolah Dasar Islamiyah NU Magetan, dengan waktu yang singkat EBY mencoba untuk bercengkerama dengan anak-anak yang masih polos tersebut.

Untuk bidang pendidikan, EBY juga menyinggung tentang pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, dimana saat itu pemerintah pusat telah mengalokasikan anggaran untuk bidang pendidikan yang bersumber dari APBN sebesar 20 %.

“Selama sepuluh tahun pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudhono, telah mengalokasikan anggaran untuk pendidikan, ini luar biasa,”ucap EBY.

Tak hanya itu, Ibas juga menyebut banyaknya program pendidikan yang telah dilaksanakan termasuk juga program untuk anak yang kurang mampu.

“Perhatian pemerintahan untuk anak kurang mampu sangatlah besar, ini direalisasikan dalam berbagai bentuk beasiswa yang diberikan kepada anak-anak yang kurang mampu agar tetap bisa mengenyam pemdidikan yang lebih tinggi,”terang putra bungsu Susilo Bambang Yudhoyono.

Ia juga berharap, agar semua program-program bidang pendidikan semasa pemerintahan SBY bisa dilanjutkan oleh pemerintahan Jokowi, sekalipun sudah diganti dengan nama atau istilah lain,”semoga pemerintahan Jokowi bisa melanjutkan program-program bidang pendidikan yang manfaatnya telah banyak dirasakan oleh rakyat. Sekalipun istilah dan nama sudah diganti, yang penting program-program itu bisa sampai pada rakyat.

Dalam acara yang digelar dengan santai (cangkrukan/lesehan) tersebut, EBY juga memberikan bantuan peralatan kesenian secara simbolik berupa alat kesenian gamelan,dan bansos ke pihak yayasan.(wad/kanalponorogo)

LEAVE A REPLY