Hujan Deras Akibatkan Longsor dan Banjir di Kecamatan Wungu

image

KANALMADIUN-Hujan deras sejak Jum’at (11/3) siang hingga malam hari, mengakibatkan longsor dan banjir di Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun.

Satu rumah terkena material longsor dan banjir melanda 4 desa.

Tanah longsor menimpa bagian belakang rumah milik Mijan warga RT 12/RW 2 Dusun Ngandong, Desa Kresek, Kacamatan Wungu, Kabupaten Madiun.

“Tebing setinggi 2 meter dengan panjang 10 meter, runtuh dan menimpa bangunan belakang rumah, beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu,” jelas Komandan Kodim 0803 Madiun Letkol (Inf) Rachman Fikri, Sabtu (12/3).

Ia menyatakan saat kejadian pemilik rumah beserta anggota keluarga berada dibagian depan rumah, karena merasa khawatir akan terjadi longsor akibat tingginya curah hujan berlangsung 9-10 jam itu. Tidak ada barang berharga rusak, akibat lomgsor itu petugas gabungan dari TNI, Polri, BPBD, kecamatan, desa bersama warga melakukan kerja bakti.

Sementara itu, banjir terjadi di Kecamatan Wungu menimpa Desa Tempursari, Mojorayung, Nglambangan dan Nglanduk, tidak kerugian jiwa dalam kejadian itu. Warga biasa mengalami banjir seperti itu, langsung siaga dengan memantau kondisi air terus naik. Hujan reda sekitar pukul 21.00, membuat intensitas banjir mereda.

“Ada sedikit kerusakan di Desa Mojorayung yaitu pagar rumah dan teras milik Suwardi rusak, pupuk milik Totok sebahyak 3 kuintal habis terendam dan padi siap panen milik Marimin juga hanyut terbawa banjir. Kami bersama aparat atau instansi terkait lain, terus siaga dan melakukan sejumlah tindakan,” ujar Dandim 0803 Madiun ini lagi.(as/kanalponorogo)

LEAVE A REPLY