Jus Daun Pepaya Sembuhkan Demam Berdarah

daun pepaya yang sangat mudah didapat
daun pepaya yang sangat mudah didapat

KANALPONOROGO-Sejauh ini belum ada obat yang spesifik untuk penyakit demam berdarah dengue (DB). Hanya obat Penghilang rasa sakit seperti Aspirin dan Ibuprofen yang bisa diberikan dan ada efek samping tersendiri.

Sebagai alternative penyembuhan penderita demam berdarah ada baiknya mengkonsumsi jus daun pepaya sebagai obat tradisional tanpa efek samping.

Penelitian ilmiah dan beberapa study telah menunjukkan bahwa jus daun pepaya mengandung enzim papain dan chymopapin yang dapat meningkatkan trombosit .

Gejala demam berdarah adalah menurunnya jumlah trombosit secara drastis dalam darah, sehingga jus daun pepaya akan membantu untuk meningkatkannya kembali.

Perusahaan farmasi juga sudah menggunakan ekstrak daun pepaya dalam bentuk kapsul dan formula cair.

Sejumlah dokter juga merekomendasikan bagi penderita agar minum 20 sampai 25 ml jus ini, sebanyak  dua kali sehari selama seminggu agar cepat memperoleh hasil.

Cara Membuat jus/ ekstrak Daun Pepaya

Inilah cara untuk mengolah daun pepaya untuk digunakan dalam pengobatan yang paling efektif adalah diekstrak atau dijus. 

Baru-baru ini dikatakan bahwa ekstrak daun pepaya telah terkenal karena sifat obat dan dapat membantu menyembuhkan beberapa penyakit,  seperti demam berdarah.

Ambil beberapa lembar daun pepaya, kemudian dicuci lalu hancurkan daun pepaya dengan diblender dengan air matang. Kemudian saring untuk menghilangkan ampas daunnya.

Cara lain membuat Juice daun pepaya: 2 helai daun pepaya dibersihkan, ditumbuk dan diperas dengan saringan kain, akan didapatkan 1 sendok makan per helai daun, takarannya 2 sendok makan 1 kali sehari, daun jangan dimasak, direbus atau dicuci dengan air panas,  Ingat: hanya daunnya saja, bukan batangnya atau getahnya

Pengalaman lain tentang juice daun pepaya mentah ini didapat oleh seseorang dengan kondisi yang sangat parah. Orang ini keadaannya sangat kritis, di mana paru-parunya telah mulai diisi air karena angka trombositnya yang sangat rendah. Sampai-sampai dia kesulitan untuk bernafas. Dokter hanya bisa berkata bahwa kekebalan tubuhnya yang akan bisa membuat dia bertahan. Untungnya, ibu mertua dari pasien tersebut mendengar tentang juice daun pepaya mentah tersebut. Setelah diberikan kepada pasien, keesokan hari, trombositnya mulai naik dan demamnya mulai hilang. Juice itu terus diberikan dan 3 hari berikutnya dia dinyatakan sembuh. 

Disunting dari berbagai sumber

LEAVE A REPLY