Kapolres Buka Kejuaraan Pencak Silat Kapolres Cup lll

Kapolres Ponorogo AKBP Ricky Purnama tabuh gong menandai dibukanya kejuaraan pencak silat Kapolres Cup III foto : kanal ponorogo
Kapolres Ponorogo AKBP Ricky Purnama tabuh gong menandai dibukanya kejuaraan pencak silat Kapolres Cup III foto : kanal ponorogo

KANALPONOROGO: Kepolisian Resort (Polres) Ponorogo gelar kejuaraan pencak silat Kapolres Cup lll yang pembukaanya di Gedung Olah Raga (GOR) Singodimedjo, Sabtu(26/12/2015).

Kejuaraan diikuti 92 atlit yang berasal dari 19 perguruan pencak silat yang berada di seluruh Kabupaten Ponorogo.

“Hari ini kita gelar pembukaan kejuaraan pencak silat Kapolres Cup ke tiga. Ini sudah diagendakan antara Polres, IPSI dan KONI yang digelar setiap akhir tahun,”ucap Kapolres Ponorogo AKBP Ricky Purnama.

Dijelaskanya, dalam kejuaraan yang digelar selama tiga hari sampai dengan Senin ( 28/12/2015) mendatang, sengaja dipersiapkan untuk menggali bibit-bibit atlit yang akan bertanding dalam kejuaraan Kapolda Cup 1 dan Porprov yang akan digelar 2017 mendatang.

“Selain itu, kejuaraan ini juga untuk mencari bibit-bibit atlit yang akan bertanding dalam Kapolda Cup 1 yang akan digelar tahun depan dan Porprov 2017 mendatang. Jadi dari Kapolres Cup ini  diharapkan nanti akan muncul atlit-atlit unggul, “terang AKBP Ricky Purnama.

Sejumlah atlit dari berbagai perguruan pencak silat mengikuti upacara pembukaan Kapolres Cu[p III di GOR Singodimedjo foto : kanal
Sejumlah atlit dari berbagai perguruan pencak silat mengikuti upacara pembukaan Kapolres Cu[p III di GOR Singodimedjo foto : kanal
Dari data yang ada di IPSI Kabupaten Ponorogo, diperoleh data bahwa dari 19 perguruan pencak silat yang ada di Ponorogo ini ada sekitar 250.000 pendekar.

”Ada sekitar 250.000 pendekar di Ponorogo yang berasal dari berbagai perguruan pencak silat,  itu sudah seperempat dari jumlah penduduk Ponorogo yang hampir mencapai satu juta, seharusnya ini bisa memunculkan atlit-atlit yang unggul, nah dari Kapolres Cup inilah sebagai upaya dan sarana untuk itu,”tegas AKBP Ricky Purnama.

Selain itu ditambahkanya,“dengan banyaknya perguruan pencak silat yang tumbuh disekitar Karesidenan Madiun, selama ini belum bisa terakomodir dalam olah raga dengan baik. Atas inisiatif IPSI bersama Kapolres yang lalu selain untuk membina atlit juga untuk membina kerukunan masing-masing perguruan pencak silat,”terang AKBP Ricky Purnama.

Sementara itu ketua Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Ponorogo Rahmad Taufik ditemui usai pembukaan Kapolres Cup III ini menambahkan,”fokus pembinaan pendekar yang siap untuk latih tanding di setiap event. Kita memotivasi untuk memberikan pembinaan-pembinaaan atlit dan IPSI memfasilitasi dengan menggelar kejuaraan, yang itu nantinya akan menjadi atlit IPSI Ponorogo,”bebernya.

Ditambahkan Rahmad Taufik, dengan dua kali digelarnya kejuaraan Kapolres Cup tersebut telah menelurkan atlit-atlit pencak silat yang membawa harum Kabupaten Ponorogo dengan prestasi tertinggi yang diraihnya dalam Porprov Banyuwangi lalu yaitu berhasil mendulang  satu emas dan satu perak.(wad/kanalponorogo)

LEAVE A REPLY