Kapolres Jombang : Update Jalur Kepadatan Arus Balik Melalui Radio dan Medsos

Kapolres Jombang
Kapolres Jombang AKBP Agung Marlianto

KANALJOMBANG-Puncak arus balik lebaran dan kepadatan kendaraan yang melintasi Kabupaten Jombang Jawa Timur, sulit diprediksi. Mengingat saat ini jumlah volume kendaraan yang melintasi Kabupaten Jombang dengan tujuan Surabaya – Madiun dan sebaliknya cukup padat, Sabtu (09/07/2016).

Kapolres Jombang, AKBP Agung Marlianto mengatakan pihaknya saat ini belum bisa memprediksi puncak arus balik. Kita belum bisa menentukan apakah ini arus mudik atau arus balik. Pada tahun ini, puncak arus mudik dan balik lebaran yang melintasi Kabupaten Jombang sulit diprediksi.

“Padahal diprediksi puncak arus mudik pada H – 3 dan H – 2. Namun, justru kepadatan arus lalu lintas kendaraan pemudik terjadi di Hari Lebaran hingga H+ 2. Begitu juga pada puncak arus balik lebaran yang diperkirakan pada Sabtu Malam, (09/07). Akan tetapi kepadatan terlihat sejak Hari Jum’at (08/09),” Ujar Kapolres.

Ia menambahkan volume kendaraan yang melintas sepanjang jalan raya di jalur utama Kabupaten Jombang dengan tujuan Surabaya – Nganjuk – Madiun dan juga arus sebaliknya cukup padat. Dengan demikian puncak arus balik belum bisa diprediksi. Kepadatan kendaraan yang melintas akan diperkirakan pada tiga hari ini yakni hari Sabtu sampai dengan hari Senin.

Kami menghimbau agar pemudik tidak terkosentrasi pada tiga hari tersebut saat melakukan aktivitas mudik dan balik yakni pada Hari sabtu, (09/07/2016) hingga senin (11/07/2016).

Karena pada tanggal tersebut diperkirakan akan terjadi lonjakan kepadatan kendaraan pemudik yang sangat signifikan, karena pada hari selasa (12/07/2016) sudah mulai aktifitas kerja kembali usai libur panjang lebaran, ” Imbuhnya.

“Dalam memilih jalur yang akan dilalui, pemudik juga harus lebih bijaksana. Seperti terus melakukan pantauan perkembangan jalur update melalui Radio, Media Sosial, dan gunakan smartphone untuk melihat jalur alternatif jika terjebak kemacetan. Dalam hal ini juga bisa dilihat melalui akun medsos twitter satuan lalulintas di (@lantas_resjb) dan (@jombangsatu). Akun tersebut insyaalloh akan terus update pantauan lalulintas yang ada di Kabupaten Jombang,” Pungkasnya.(an)

LEAVE A REPLY