Kapolsek Sawoo Berangkatkan Peserta Napak Tilas Rute Gerilya Panglima Besar Jenderal Sudirman

SAWOO, KANALPONOROGO.COM: Jenderal besar Raden Soedirman adalah seorang perwira tinggi Indonesia pada masa revolusi Nasional Indonesia. Sebagai Panglima Besar tentara Nasional Indonesia pertama, ia adalah tokoh perang gerilya yang dihormati di Indonesia. Perang gerilya merupakan sebuah taktik perang yang lekat dengan Jenderal besar Soedirman. Pada agresi Belanda kedua Jendral Sudirman melakukan perang gerilya ke berbagai wilayah di Jawa timur. Dalam perjalanan perang gerilya tersebut Jenderal besar Soedirman melewati rute yang salah satunya di desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, Ponorogo. Di situ beliau sempat beristirahat bersama pasukannya di salah satu rumah penduduk yang sampai saat ini masih ada. Tepatnya di rumah Bpk. Langgeng di dukuh Ngindeng 1 desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, Kab. Ponorogo.

Dalam rangka memperingati HUT RI ke-74 dan mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang meraih kemerdekaan, Muspika Kecamatan Sawoo menyelenggarakan kegiatan napak tilas rute gerilya Panglima Besar Jenderal Sudirman di Kecamatan Sawoo.
Kapolsek Sawoo AKP Edi Suyono secara simbolis memberangkatkan peserta napak tilas ini. Rute napak tilas dimulai dari rumah peristirahatan Panglima Besar Jenderal Sudirman di dusun Ngindeng 1, desa Ngindeng hingga finish di lapangan SMPN 1 Sawoo dengan menempuh jarak kurang lebih 6 km.Diikuti oleh 40 tim dengan total peserta kurang lebih 300 orang, terdiri dari unsur Muspika, perangkat desa, mahasiswa Unmuh Ponorogo (KKN), Satgas MTA, PP Muhammadiyah (Kokam), GP Anshor (Banser) Pokdarkamtibmas, Senkom dan masyarakat umum lainnya.

Kapolsek Sawoo bersama Muspika Kecamatan Sawoo mengapresiasi antusiasme masyarakat yang ikut dalam kegiatan tersebut.
“Ini menandakan bahwa masyarakat masih sangat peduli dan menghormati jasa-jasa para pahlawan kita. Kedepan kegiatan semacam ini dapat dilaksanakan kembali dengan menggandeng sejumlah pihak agar rasa Nasionalisme tetap terjaga. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya” kata AKP Edi Suyono.

Mengakhiri kegiatan Napak Tilas Rute Gerilya Panglima Besar Jenderal Sudirman, muspika Kecamatan Sawoo memberikan piagam penghargaan kepada 40 tim yang berpartisipasi. Penyerahan piagam dilakukan oleh bapak Kapolsek Sawoo dan bapak camat Sawoo Drs. Hari Setyo Sudjatmiko, Ap. di lapangan SMPN 1 Sawoo.

(Humas Polsek Sawoo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here