Kebakaran Hutan RPH Krebet

JAMBON, KANALPONOROGO.COM: Lahan perhutani Petak 36 RPH Krebet BKPH Somoroto siang ini mengalami kebakaran, Pelda Imam Subandi Bati Komsos Koramil 0802/20 Jambon beserta 2 orang anggota bersama masyarakat Desa Bulu Lor upayakan pemadaman hutan menggunakan peralatan berupa gepyok dan galah.(19/07/2018)

Lahan hutan petak 36 RPH Krebet ini berdekatan dengan perkampungan Desa Bulu Lor Kecamatan Jambon, sehingga dikhawatirkan dapat merembet ke perkampungan tersebut. Dengan cara membuat pembatas berupa penyekatan semak belukar kering lokasi kebakaran dengan lokasi yang tidak terbakar sehingga jalannya api dapat terhenti pada pembatas yang dibuat.

Menurut Pelda Imam Subandi, “pembatas semak belukar dibuat menggunakan galah khusus dan gepyok untuk membuat pemisah antara lahan yang terbakar dengan lahan yang belum terbakar, sementara pembuatan batas tersebut dilakukan untuk menghentikan jalannya api kearah perkampungan guna mencegah kebakaran hutan menuju wilayah tersebut”.

Ditanya tentang kebersamaan anggota Koramil 0802/20 Jambon dengan masyarakat Desa Bulu Lor, Pelda Imam Subandi menyampaikan “kebersamaan ini telah terjalin sejak dulu, apalagi saat adanya kejadian menonjor seperti ini masyarakat Bulu Lor pada kesempatan pertama melaporkan kejadian tersebut kepada Babinsanya maupun Piket Koramil”. Sementara itu, penyebab kebakaran dan jumlah kerugian masih dalam pemeriksaan petugas Perhutani RPH Krebet.

SHARE

LEAVE A REPLY