Kelompok Tani “Sido Makmur bersama Tiga Pilar Bersinergi

KANALPONOROGO.COM- Tiga Pilar Desa mendampingi Kelompok Tani “Sido Makmur” Desa Wagirkidul Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo mendapat pelatihan praktek lapangan dari petugas koordinator PPL, PPK, POPT Kecamatan Pulung mengenai gerakan pengendalian (GERDAL) Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) padi. Kamis (13/09/2019).

Tiga Pilar Desa Wagirkidul terdiri dari Kepala Desa Suhariyanto, Bhabinkamtibmas Bripka Wawan Trisulo, Babinsa Koptu Agung sedangkan koordinator PPL, PPK, POPT Kecamatan Pulung yang memberikan pelatihan adalah Bejo Suwito, S.P., Farida K. S.P., Bayu Tunjung S.P., Nurnik.E, Wasis S.H., Suprapto, Winarti. dibawah pengawasan dari Kepala dan Staf laboraturium hama penyakit Madiun Sunardji, Koordinator pengamat hama Kabupaten Ponorogo Suwarni.Kepedulian Tiga Pilar Desa turut membantu petani turun ke lahan pertanaman padi Poktan “Sido Makmur” untuk bersama-sama belajar dan mendapatkan masukan tatacara mengatasi hama predator tumbuhan padi guna mencapai hasil yang maksimal dan terhindar dari serangan organisme pengganggu tumbuhan padi yang dapat menyebabkan gagal panen.

Gerakan pengendalian organisme pengganggu tumbuhan tidak harus semua dilakukan melalui penyemprotan dengan pestisida kimia, untuk metode kali ini dengan pembuatan pagupon burung hantu dan lubang belerang pengusir hama tikus di pematang sawah.

Hal ini dilakukan agar para petani dapat membatasi penggunaan pestisida kimia dan bisa beralih menggunakan pola alamiah agar hama pada tanaman padi bisa dikendalikan sehingga terbebas dari hama dan hasilnya dapat dikonsumsi dengan aman dan tidak terkontaminasi dengan bahan kimia.

Pada kesempatan tersebut Tiga Pilar Desa menghimbau kepada para petani agar memperhatikan dengan seksama metode pengendalian ini, agar tanaman padi kita terbebas dari hama dan diharapkan pada saat panen nantinya akan mendapatkan hasil yang melimpah produksi beras yang dihasilkan terbebas dari pestisida.”SGN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here