Ketua KPK Agus Raharjo Terlahir di Magetan

Daryati sepupu istri Agus Rahardjo tunjukan foto pernikahan Agus Raharjo foto kanal ponorogo
Daryati sepupu istri Agus Rahardjo tunjukan foto pernikahan Agus Raharjo foto kanal ponorogo

KANALPONOROGO-Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  terpilih untuk tahun 2015-2019  Agus Rahardjo yang sebelumnya meniti karir sebagai PNS di Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa terlahir  dari pasangan Basoeki dan Suminah di sebuah kota kecil yang berada di lereng Gunung Lawu, Magetan, Jawa Timur 59 tahun silam.

Ia memulai sekolahnya di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kapolorejo di Magetan, tamat dari sana ia kemudian melanjutkan sekolahnya di SMP dan SMA di Magetan, Jawa Timur.

Tamat SMA, ia kemudian melanjutkan pendidikannya di jenjang perguruan tinggi di ITS Surabaya jurusan Teknik Sipil. Setelah memperoleh gelar S1 nya dari ITS, ia kemudian melanjutkan pendidikannya di luar negeri dengan belajar di Cambridge, Amerika Serikat tepatnya di Arthur D. Little Management Education Institute. Ia kemudian tinggal dan bekerja di Amerika Serikat selama lima tahun. antara tahun 1995 hingga 1997 ia aktif sebagai pembicara di lembaga Internasional di Paris, Perancis.

Agus Rahardjo dilingkungan asalnya dikenal sebagai sosok penuh keakraban,  supel atau mudah bergaul dengan sesama teman maupun tetangga.

” Mas Agus Rahardjo dikenal sebagai sosok yang mudah bergaul, meski terlihat seperti pendiam. Dia itu anak ke-2 dari 2 bersaudara, namun kakak perempuannya meninggal dunia saat usia dewasa. Sejak ibunya meninggal dunia awal 2000 an, setelah menikah pulangnya ke Jalan Semeru ini,” jelas Ny Daryati sepupu Tutik Supriyati istri Agus Rahardjo.

Ny Tutik Supriyati anak ke-2 dari 2 bersaudara pasangan Soemarjo-Soemini (91), saat ini Eyang Soemini ditemani Ny Daryati.

“Saya baru diberi tahu pagi tadi sekitar jam 08 nan dari televisi, diberitahu Daryati. Begitu melihat itu, saya jadi terharu atas perjuangan dan jerih payahnya, dia sempat pulang kesini untuk mohon doa restu,” ujar Eyang Soemini sembari tersenyum baru.
Ny Daryati menjelaskan kepulangan Agus Rahardjo saat menjelang penjaringan untuk masuk 10 besar lalu. Lalu, pesan apa diberikan eyang kepada Agus Rahardjo ?

“Saya hanya pesan, jika terpilih jadi apa pun ditempat itu (KPK), harus jaga amanah. Bekerja lah dengan lurus dengan selalu meminta perlindungan dan petunjuk Allah. Jika itu kamu kerjakan, yakinlah pasti berbuah manis,” ujar Eyang Soemini.

 

Usai menerima penuturan itu, Agus Rahardjo sempat meneteskan air mata, sembari mencium kedua pipi sang mertua.

“Dia juga memeluk saya dan meminta doa, agar jika diberi amanah dapat menjaga dengan baik,” ujar Ny Daryati juga sempat meneteskan air mata saat mengenang kejadian itu.
Bagaimana tanggapan sejumlah tetangga di Jalan Semeru dan Jalan Biliton dengan terpilihnya Agus Rahardjo menjadi Ketua KPK.

“Ya, pastinya kami bangga, mas. Ada mantan warga Jalan Biliton menjadi orang penting di negeri ini yaitu KPK. Kami dari semalam mengikuti perkembangan pemilihannya melalui televisi, ada bersorak, terharu hingga senyum bahagia,” ujar salah satu tetangga Agus Raharjo di Jalan Semeru Suratman.
Ia mengatakan sosok Agus Rahardjo mudah dikenal orang, karena dia supel dan suka menyapa siapa pun. Dia juga kenal nama warga dari ujung ke ujung jalan mulai kecil hingga tua.

“Kesan pertama dekat dia seperti pendiam, begitu sudah ngobrol bisa serius sampai ketawa lepas,” ujarnya.
Begitu juga sejumlah warga Jalan Semeru ditemui menyatakan rasa bangga dan senang, atas terpilihnya Agus Rahardjo menjadi Ketua KPK. Mereka juga mengikuti perkembangan pemilihan melalui saluran televisi, begitu terpilih warga pun ikut bangga.
“Kami pasti bangga, sebab ada putra asal Kabupaten Magetan terpilih menjadi Ketua KPK,” ujar Wakil Bupati Magetan Samsi.(wad/kanalponorogo)

LEAVE A REPLY