KPU Ponorogo Gelar Sosialisasi Verifikasi Partai dan Bimtek Sipol

KANALPONOROGO.COM: Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kabupaten Ponorogo menggelar sosialisasi pendaftaran penelitian administrasi dan verifikasi faktual partai politik calon peserta Pemilu 2019, di Hotel Amaris, Senin(02/10/2017).

Kegiatan dilanjutkan dengan bimbingan teknis penggunaan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

Dalam kegiatan tersebut hadir perwakilan partai calon peserta Pemilu baik partai lama maupun partai yang baru mendaftar.

“Sosialisasi ini kita lakukan untuk persiapan verifikasi manual partai politik calon peserta Pemilu 2019,”ucap Ikwanudin Alfianto dalam sambutanya saat membuka kegiatan sosialisasi.

Untuk verifikasi yang akan datang, Ikhwanudin menjelaskan jika hampir sama dengan pelaksanaan verifikasi pada Pemilu 2014 lalu.

“Jadi pelaksanaan verifikasi nanti hampir sama dengan pelaksanaan verifikasi Pemilu tahun 2014 lalu. Hanya saja ada satu tahapan yang harus dijalani yaitu pengisian Sipol,”terang Ikhwanudin Alfianto.

Penyampaian materi sosialisasi oleh Teguh Wiyono divisi hukum KPU Kabupaten Ponorogo.

Selain dihadiri semua komisioner KPU Kabupaten Ponorogo, partai politik calon peserta Pemilu 2014, juga dihadiri Panwaskab, perwakilan dari kantor Kesbangpolinmas dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ponorogo.

Selain itu, dalam sosialisasi tersebut, Teguh Wiyono menyampaikan jika semua partai politik baik partai baru yang akan mendaftar maupun partai lama yang telah pernah mengikuti Pemilu 2014 sama-sama wajib menyerahkan berkas (hardcopy) keanggotaan maupun pengurus Parpol untuk dilakukan pencocokan atau verifikasi(*)

LEAVE A REPLY