Kwarcab Ponorogo Gelar Jelajah Situs Sejarah

KANALPONOROGO-Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Ponorogo menggelar giat prestasi penggalang dengan label Jelajah Situs Sejarah yang diikuti oleh penggalang se Kwartir Daerah(Kwarda) Jawa Timur, Sabtu(10/10) sampai dengan Minggu (11/10).

Kegiatan ini berbentuk penjelajahan pariwisata dengan rute situs-situs sejarah yang berada di Kabupaten Ponorogo.

Ketua panitia dalam laporanya mengatakan, kegiatan yang diadakan bersamaan dengan perayaan Grebeg Suro 2015 ini bertujuan sebagai salah satu sarana untuk mengembangkan kemampuan penggalang dalam mengembangkan suka-sukaanya, gugus depan dan mengabdikan diri kepada masyarakat.

“Kegiatan ini selain untuk mengembangkan kemampuan Pramuka Penggalang juga untuk memberikan wawasan kepada Pramuka Penggalang tentang sejarah dan situs-situs  wisata yang berada di Kabupaten Ponorogo. Dimana ini merupakan bagian yang tak terlupakan dari situs sejarah,”ucap ketua panitia jalajah situs sejarah Muh Fadlal.

Giat prestasi penggalang yang dipusatkan di Kabupten Ponorogo taun ini diikuti oleh 785 orang yang terdiri dari peserta yang berasal dari 38 kabupaten dan kota se Kwarda Jawa Timur dengan jumlah  475 orang dengan pendamping 88 orang, peserta lokal dari Kabupaten Ponorogo yang berasal dari 13 Kwaran se Kwarcab Ponorogo dengan jumlah 185 orang dan 37 pendamping.

“Kegiatan ini menekankan pada penjelajahan dan kegiatan lapangan untuk mengenal situs sejarah dan wisata yang berada di Ponorogo,”tegasnya.

Para peserta sebelumnya mengikuti upacara pembukaan yang dilaksanakan di halaman SMK PGRI Ponorogo, yang kemudian akan melakukan perjalanan penjelajahan dan akan singgah di tempat-tempat bersejarah yang menjadi lokasi pelaksanaan lomba diantaranya Dam Cokromenggalan yang berada di Kecamatan Kota, makam Batoro Katong yang berada di Desa Setono, Kecamatan Jenangan, Masjid Pondok Gontor yang berada di Desa Gontor, Kecamatan Mlarak, Desa Mojorejo dan Masjid Tegalsari yang berada di Desa Tegalsari yang keduanyan di Kecamatan Jetis.

Selain itu peserta akan menginap di Masjid Tegalsari dan akan diisi dengan berbagai kegiatan yang kemudian akan dilanjutkan kegiatan pada esok harinya.

Dalam kata sambutanya, ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Ponorogo Yuni Widyaningsih mengatakan bahwa Pramuka saat ini diperlukan dan dilirik oleh semua orang.

“Pramuka adalah salah satu sarana pembangunan infrastruktur untuk membangun karakter bangsa, karakter anak-anak, karakter juang kita untuk kelak yang akan memimpin bangsa ini,”ucapnya.

Sebelum mengakhiri sambutanya, Ka Kwarcab Kabupaten Ponorogo yang memimpin upacara pembukaan mengucapkan,”selamat bergembira, bersuka ria, bersenang-senang tetapi tetap saling menjaga kerukunan dan keselamatn dalam perjalanan,”pungkasnya.

Dari hasil lomba selam dua hari ini telah menelurkan Juara lomba tingkat Kwartir Daerah Jawa Timur :

Regu tergiat putra karya tulis populer dari Kwarcab Madiun, karya tulis populer ke 2 dari Kwarcab Malang, yang ketiga diraih Kwarcab Kota Malang.

Sedangkan untuk regu tergiat putri dalam karya tulis diraih Kwarcab Kabupaten Malang, kedua Kwarcab Ponorogo dan yang ketiga Kwarcab Kota Malang.(wad/kanalponorogo)

LEAVE A REPLY