Longsor Landa Nawangan, Jalur Ke Pacitan Tertutup

Warga bersama aparat bersama-sama membersihkan material longsor ( foto : kanalponorogo.com)
Warga bersama aparat bersama-sama membersihkan material longsor ( foto : kanalponorogo.com)

KANALPACITAN-Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Nawangan, Pacitan, sepanjang Sabtu (11/06/2016) sore hingga petang lalu, mengakibatkan longsor di Dusun Drano, Desa Temon, Kecamatan Nawangan.

Tebing setinggi 10 meter dengan lebar 15 meter tidak mampu menahan air, sehingga terjadi longsor.

Material longsor menimbun bahu jalan di Dusun Drano, Desa Temon, Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan sehingga kendaraan baik roda 4 mapupun kendaraan roda 2 tidak bisa melintas.

“Longsor mengakibatkan jalan penghubung dari Kecamatan Nawangan ke Pacitan (kota), tertutup material longsor, sehingga tidak bisa dilalui kendaraan apa pun. Sebelumnya, sejak pukul 16.00 terjadi hujan deras, sehingga tebing tidak kuat menahan air hujan,” jelas Komandan Kodim 0801/ Pacitan, Letkol Inf Yudhi Diliyanto.

Petugas gabungan bersama dengan masyarakat setempat bahu-membahu untuk menyisihkan material longsor, agar jalan bisa segera dilewati  kendaraan roda 2 walaupun dengan bergantian.

Sementara itu kondisi smakin gelap, sehingga gotong royong bersama warga dihentikan dan disepakati aparat terkait untuk dilanjutkan keesokan hari.

“Besuk kegiatan gotong royong kembali dilakukan, sambil menunggu peralatan berat,” tandas Dandim Pacitan.

Sampai saat ini belum ada tindakan dari aparat setempat dan karena kondisi sudah gelap.

Dalam bencana tanah longsor ini tidak ada korban jiwa, sebab saat kejadian tidak ada warga yang sedang melintas di jalan itu.(wad/kanalponorogo.com)

LEAVE A REPLY