Longsor Memutus Jalan Antar Desa Talun-Gondowido

Jalan alternatif penghubung desa Talun dan Gondowido terputus karena longsor (foto: kanal ponorogo)
Jalan alternatif penghubung desa Talun dan Gondowido terputus karena longsor (foto: kanal ponorogo)

KANALPONOROGO-Hujan deras yang mengguyur wilayah  Kecamatan Ngebel, Ponorogo menyebabkan bencana tanah longsor, hingga memutus jalan  antar Desa.

Longsor yang memutus jalan antar desa ini, tepatnya berada di Dusun  Krajan, Desa Talun,  Kecamatan  Ngebel.

Jalan  ini merupakan  jalur  alternatif penghubung antara Desa Talun dengan Desa Gondowido, yang putus sepanjang  duapuluh lima meter, Rabu(10/02/2016).

Selain itu areal perkebunan seluas ribuan meter milik warga disekitar lokasi juga turut tergerus air hingga membentuk jurang dengan berkedalaman puluhan.

Tak hanya itu,  jaringan listrik PLN  juga terancam putus karena tiang listrik yang berada tepat di tepian longsor nyaris ambruk . Untuk memudahkan proses evakuasi, petugas PLN terpaksa memutus kabel listrik, agar tiangnya mudah untuk dipindahkan .

Dari keterangan berhasil dihimpun, sebelum kejadian longsor ini hujan  deras mengguyur kawasan sekitar hingga berjam-jam lamanya. Warga mengaku khawatir akan terjadi longsor susulan.

Aktifitas warga pun  kini terganggu dan  untuk bepergian mereka terpaksa harus melewati jalur lain yang jaraknya cukup jauh.

“Sebelumnya turun hujan berjam-jam dan kemudian jalan ini longsor dan terputus, warga harus menempuh jalan yang lebih jauh,”ucap Marsuti, salah satu warga sekitar lokasi longsor.

Namun demikian jalan yang mengalami longsor dan terputus ini bukanlah satu-satunya jalur penghubung antar desa setempat, masih ada jalur lain yang bisa dilewati, sehingga warga tidak terisolasi akibat putusnya jalan ini.

“Karena ini merupakan jalan alternative dan bukan satu-satunya jalur, sehingga warga masih bisa menempuh jalur lain,”ucap Kapolsek Ngebel AKP Supardi.(wad/kanalponorogo)

LEAVE A REPLY