Panen Raya Serentak di Ngawi, Stok Terjamin

Panen raya di Ngawi (foto : kanal ponorogo)
Panen raya di Ngawi (foto : kanal ponorogo)

KANALNGAWI-Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Ngawi menggelar panen raya padi serentak diatas hamparan sawah Gapoktan Rejeki Agung, Desa Karangmalang, Kecamatan Kasreman, Ngawi Senin(29/2/2016)

Kegiatan yang digelar dengan motto ” Panen Raya Serentak Stok Terjamin ” selain diikuti sekitar 300 orang, juga dihadiri Kasdam V/Brawijaya  Brigjen TNI Rahmad Pribadi, Dirjen PSP Kementerian Pertanian RI Gatot Irianto Sumarjo,  Wakil ketua Komisi IV DPR RI Ibnu Multazam, Kabid pemasaran hasil pertanian Provinsi Jatim Bambang, Kabid tanaman pangan Provinsi Jatim Nurfalaki, Danrem 081/DSJ Kol Inf Hardani Lukitanta Adi, Sekdit PSP Kementerian Petanian RI Najib, Bupati Ngawi H. Budi Sulistyono, Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar, Dandim 0805 Ngawi Letkol Inf. M. Triyandono, Kapolres Ngawi AKBP Suryo Sudarmadi dan Seluruh pimpinan SKPD Ngawi.

Dalam sambutannya Bupati Ngawi Budi Sulistyono mengatakan umumnya di wilayah Kabupaten Ngawi, masyarakat sudah tertanamkan rasa untuk saling mencintai diantara sesama warga, dan dari persawahan yang ditanami padi di desa,  maka khusus di Desa Karangmalang, Kecamatan Kasreman kita laksanakan panen raya, belum lagi di desa-desa lainnya di seluruh Kabupaten Ngawi untuk mewujudkan Swasembada Beras di Ngawi.

“Untuk itu, pengaturan dan menejemen penggunaan air di wilayah Ngawi harus dikuasai karena kendala utama di wilayah Ngawi adalah pengairan ” tuturnya.

Sementara itu Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI Rahmad Pribadi mengucapkan terima kasih kepada Kementan yang telah adakan MOU dengan TNI untuk diberi kepercayaan tugas mengawal dan mengawasi pendistribusian pupuk serta pendampingan pertatian kepada petani.

Disamping itu, Kasdam juga mengajak sejumlah petani untuk berusaha keras dalam mewujudkan Swasembada Beras secara Nasional, dengan menggairahkan bercocok tanam padi, tidak menggantungkan pada import beras dan seharusnya bila kita melihat kondisi seperti saat sekarang di Desa Karangmalang, maka jika keadaan tersebut dapat diikuti oleh daerah – daerah lainnya, maka seharusnya negara kita menjadi pengekspor beras, dan sudah tepat apabila pemerintah melalui Presiden mencanangkan program swasembada pangan nasional. Untuk itu Brigjen TNI Rahmad Pribadi mengajak kepada para hadirin untuk bersinergi dengan motto pemerintah dengan ungkapan “ Ayo Kerja Keras, Ayo Kerja Keras.

Seementara itu, Dirjen PSP Gatot Irianto Sumarjo menyampaikan kepada Bulog segera mungkin menyesuaikan perannya untuk menampung hasil panen para petani dengan harga yang sesuai standar, jangan sampai merugikan para petani sehingga para petani tidak menjual hasil panennya ke pihak lain.

Kepada para petani sepanjang curah hujan masih tinggi sesegera mungkin melakukan pengolahan lahan agar bisa cepat tanam kembali.

“Memang selama ini mengenahi teknis pelaksanaan dan secara mekanisme sudah benar namun secara tata niaga dan pembelian belum bisa bejalan dengan baik,”paparnya.

Kegiatan ini juga di tandai dengan penyerahan alsintan secara simbolis oleh Dirjen PSP Gatot Irianto Sumarjo kepada Kelompok Tani Rejeki Agung, Desa Karangmalang, Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi.(wad/kanalponorogo)

LEAVE A REPLY