PT. KTB Surabaya Atasi Garam Nasional di Lamongan

KANALPONOROGO.COM, LAMONGAN: Kelangkaan garam yang terjadi beberapa pekan terakhir, tidak menyurutkan petani garam dalam mengupayakan produksi garam. Hal tersebut telah diupayakan oleh PT. Kencana Tiara Gemilang (KTG) dengan sistem Prisma garam disalah satu lahan milik warga di Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

General Manager PT. Kencana Tiara Gemilang merupakan perusahaan pembuat plastik yang membantu warga Aripin Jamian, dalam membangun rumah diatas lahan secara prisma dengan menggunakan plastik.

“Hari ini kami datang untuk melihat lahan yang dibangun rumah dengan sistem prisma. Ini hal bagus agar produksi garam bisa maksimal,” kata Eliana Widijansih GM PT. Kencana Tiara Gemilang.

Eliana mengatakan, guna rumah prisma diantaranya dapat memaksimalkan produksi garam dalam menghadapi iklim laut yang berbeda beda. Jauh dari guyuran hujan saat penghujan, dan faktor kelembaban.

“Faktor hujan pastinya paling besar menghambat produksi garam petani. Jadi berpengaruh pada hasil panen garam,” terangnya.

Maka dari itu, Eliana dan kawan kawan mencoba memberikan terobosan baru lewat teknologi pengembangan produksi garam dengan membangun rumah prisma.

“Kami sudah mulai penelitian ini sejak 2016 lalu dengan pak aripin dengan Brawijaya. Jadi ternyata hasilnya bisa optimal,” ungkapnya.

Selain itu, hasil dari programnya tampak begitu bagus. Garamnya terlihat bersih putih dan tidak mengkristal. Jika dilarukan kedalam air garam tersebut langsung larut.

Eliana menambahkan, dengan adanya teknologi ini semoga hasil garam indonesia dapat di eksport keluar negeri. Hal ini didasari dengan kualitas garam yang gurih, bersih, tidak mengkristal dan bermutu saing dengan garam luar. (Fer)

BACA BERITA NASIONAL DI: 

LEAVE A REPLY