Ribuan Anggota Kwarcab Ponorogo Ikuti Kirab HUT Pramuka

KANALPONOROGO.COM: Memperingati hari jadi pramuka ke-56 Kwartir cabang (Kwarcab)  Ponorogo menggelar kirab yang diikuti gugus depan penegak dan penggalang, setingkat SMP dan SMA sederajat se-Kabupaten Ponorogo, Senin(14/08/2017).

Sekretaris Pramuka Kwartir Cabang Ponorogo, Sumani menjelaskan untuk tahun ini konsep dan kemasan kirab pramuka berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, temasuk ada perubahan penilaian. Jika biasanya penilaian hanya terletak pada formasi barisan. Untuk tahun ini penilaian ditambah pada bidang Deville masing-masing pleton dan penilain kerapian, kekompakan dan ketepatan waktu kirab disepanjang rute yang dilalui.

Ada 59 group pleton putra putri yang ikut berkompetisi dengan total 2009 peserta dari penegak dan penggalang.

Adapun rute sejauh 4.7 km yang ditempuh dimulai dari jalan alun2 utara paseban, jalan alun2 barat, alun2 selatan, jalan jenderal sudirman, gajahmada, ahmad dahlan, urip sumoharjo dan berakhir di jalan diponegoro gedung sasana praja barat pendopo kabupaten.

Sumani berharap dengan konsep yang diusung pada kirab kali ini akan dapat membentuk kultur disiplin, budaya tatakarama, dan pendidikan karakter.

Sumani menambahkan pihaknya juga telah menyurati sejumlah gugus depan di beberapa lembaga sekolah untuk menyemarakkan dan menyaksikan kegiatan peringatan hari pramuka di ponorogo tahun ini

“Tahun ini kita beda peserta lebih banyak, kemasan beda, Arah dan tujuan juga beda, yaitu kultur disiplin ini penting agar memiliki karakter, dan dengan tujuan nasionalisme, kebangsaan dan mencintai NKRI”, Tutur Sumani, Senin (14/08/2017) siang.

Sementara itu wakil bupati Ponorogo Sudjarno yang turut hadir dalam acara menyambut baik agenda rutin yang digelar oleh Kwarcab Ponorogo, dengan kegiatan pramuka Wabup Sudjarno berharap akan semakin mengembangkan diri potensi seseorang dan dapat menjauhkan dari hal hal yang negative

“kita berniat memasyarakatkan Pramuka, dan masyarakatpun merasakan manfaatnya. Orangtuapun juga lebih yakin mendidik putra-putrinya melalui Pramuka” Terang Sudjarno, Senin (14/08/2017) siang.

Tema hari jadi pramuka ke 56 tahun 207 ini adalah Bekerja untuk Kaum Muda Mewariskan yang Terbaik Bagi Bangsa. Selain itu Sejumlah rangkaian peringatan hari pramuka Kwarcab Ponoroo telah dilakukan, diantaranya lomba doa, pemilihan Pramuka Garuda, ziarah makam, Ulang Janji dan Puncak Peringatan Hari Pramuka akan digelar Apel Akbar pada 30 Agustus mendatang. (arso)

LEAVE A REPLY