Ribuan Santri Jombang Mudik Gunakan Kereta Api

image

KANALJOMBANG-Ribuan santri yang mondok di berbagai Pesantren di Jombang memulai tradisi mudik lebaran bareng (bersama – sama). Sebanyak 496 santri Pondok Pesantren (Ponpes) Tambak Beras Jombang, memulai tradisi mudik pada hari ini di stasiun kereta api Jombang, Kamis (23/06/2016).

Para santri yang mondok di Jombang ini memanfaatkan waktu liburan sekolah dengan mudik lebaran ke keluarganya di kampung halaman. Sebagian besar yang mendominasi dalam santri mudik bareng di stasiun Jombang ini berasal dari  berbagai daerah di Jawa Barat dan DKI Jakarta

Para santri ini mudik menggunakan Kereta Api Gaya Baru malam, KA Pasundan dan KA Logawa. Untuk hari ini santri yang mudik menggunakan KA GBM 496, KA Pasundan 95, dan Logawa 163, sedangkan besok sekitar ada 300 lebih santri yang berangkat menggunakan kereta yang sama, sebelumnya juga sebanyak 360 lebih santri yang mudik bareng, akan tetapi puncaknya jatuh pada hari ini. Dan mereka berencana kembali ke Jombang sebelum tanggal 22 juli mendatang.

Salah satu santri asal Jakarta, Nur Faizah, mondok di Pesantren Tambakberas  mengatakan mudik dan balik lebaran dengan teman-teman menggunakan transportasi kereta api. Liburan sekolah dan pondok sendiri dimulai 22 Juni hingga 22 juli 2016. Datangnya liburan tersebut, kami manfaatkan untuk berkumpul dengan keluarga dirumah, sekalian lebaran bareng.

“Uda liburan sekolah dan Ngaji di Pesantren. Jadi kita manfaatkan untuk kembali ke rumah masing – masing. Mudik kumpul sama keluarga saat lebaran. Pasalnya uda kangen sama Abah dan Ummi dirumah, juga saudara.” Jelas Faizah, saat menunggu kedatangan KA GBM Selatan.

Sementara itu, Wakil Stasiun Kereta Api (PT KAI) Jombang, Daniel Yuniarta membenarkan rombongan pemudik dari stasiun Jombang menuju Jakarta dan Jawa Barat didominasi para santri yang mondok di Jombang, terbanyak dari Pesantren Tambakberas dan Tebuireng Jombang. Jumlah pemudik dari kalangan santri sendiri mengalami peningkatan dari kemaren.

“Hari ini ada 496 santri yang mudik, sedangkan kemarin hanya 365 santri, dan besok ada sekitar 237 santri. Selama seminggu ini rombongan santri dari beberapa Pondok Pesantren di Jombang mendominasi antrean pemudik lain. Para santri dari beberapa pondok pesantren di Jombang sudah memesan tiket dari beberapa minggu yang lalu. Dan Minggu ini penumpang kereta akan dipenuhi para santri yang mudik.” Pungkasnya.(an/kanalponorogo.com)

LEAVE A REPLY