SAR Gabungan Evakuasi Puluhan Pendaki Selamat

KANALPONOROGO-Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi puluhan pendaki selamat yang terjebak kebakaran hutan di lereng Gunung Lawu, Senin (19/10/2015).
“Secara umum, mereka ditemukan dalam kondisi selamat dan untuk keselamatan mereka dibimbing turun melalui jalur pendakian Cemoro Kandang, wilayah Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah,”ucap Koordinator Basarnas Pos SAR Trenggalek Supriono saat ditemui di posko induk Operasi SAR yang berada di Cemoro Sewu.

BACA JUGA :Inilah Nama-Nama Korban Kebakaran Gunung LawuInilah Kronologi Kebakaran Hutan Gunung Lawu

Dijelaskanya, dua tim telah diberangkatkan Senin pagi untuk menyisir area puncak Lawu guna mencari pendaki yang masih terjebak.

Hasilnya, tim berhasil menyelamatkan sekitar 30 hingga 50 pendaki.

Kondisi puluhan para pendaki yang selamat tersebut nampak kecapaian dan mengalami sesak napas akibat dari banyaknya menghirup asap kebakaran hutan.
Dijelaskan Supriono, meski sembilan pendaki yang menjadi korban kebakaran hutan telah berhasil dievakuasi, tim SAR gabungan masih tetap bertahan di pos Cemoro Sewu hingga beberapa hari kedepan.

“Target kami hingga beberapa hari kedepan adalah melakukan penyisiran dilokasi kebakaran hutan guna memastikan tidak ada lagi pendaki yang masih terjebak api,” katanya.(wad/kanalponorogo)

LEAVE A REPLY