Sehari Terjadi Kebakaran Hutan di Tiga Lokasi Wilayah Ponorogo

KANALPONOROGO.COM: Dalam sehari terjadi kebakaran hutan di tiga lokasi yang berada di wilayah Kabupaten Ponorogo, Senin(14/08/2017) petang.

“Kemarin petang, ada tiga titik lokasi kebakaran hutan yang diantara beradadi wilayah Kecamatan Bungkal, Jambon dan Sampung,”ucap Kasubbag Humas Polres Ponorogo, AKP Sudarmanto.

Api diketahui sekitar pukul 17.30 WIB membakar hutan seluas  kurang lebih 1 hektare dengan tanaman  jenis  Alba di  petak 103 BKPH Ponorogo Timur KRPH Bungkal, Gunung Tumpuk, masuk Dukuh Sambirejo, Desa Kupuk, Kecamatan Bungkal.

Sementara sekira pukul 17.00 WIB diketahui api membakar hutan di petak 40 KRPH Krebet, Dusun Jati, Desa Poko, Kecamatan Jambon. Dalam kejadian ini hampir 5 hektar lahan Perhutani dengan jenis tanaman Alba terbakar. Medan yang sulit menghambat upaya pemadaman sehingga masih terdapat api di sejumlah titik.

Selain itu, kebakaran hutan juga melanda lahan milik Perhutani yang berada di wilayah Desa Kunthi, Kecamatan Sampung, Ponorogo.

Petugas dari Sat Sabhara Polres Ponorogo, Polsek setempat dan Koramil yang dibantu masyarakat beserta petugas dari Perhutani berupaya keras untuk melakukan pemadaman dengan cara tradisional menggunakan alat seadanya.

“Ada sejumlah titik yang berada di lokasi yang sangat curam, sehingga warga dan petugas cukup kesulitan dalam melakukan upaya pemadaman. Untuk menghindari meluasnya kebakaran, masyarakat bersama dengan petugas kemudian melakukan penyekatan di sekitar titik api,”terang AKP Sudarmanto.(*)

LEAVE A REPLY