Sinta Nuriyah: Keragaman Membuat Kita Kaya

Sinta Nuriyah bersama Tokoh Lintas Agama di Bareng Jombang
Sinta Nuriyah bersama Tokoh Lintas Agama di Bareng Jombang

KANALPONOROGO-Istri Presiden RI ke IV KH Abdurrahman Wahid  Shinta Nuriyah dengan Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, dan Aliran Kepercayaan Jombang menggelar buka bersama bertempat di halaman balai Dusun Wungurejo depan GKJW (Gereja Kristen Jawi Wetan) Bareng, Jombang, Jawa Timur, Kamis (30/06/2016).

“Saya sangat gembira Jombang bisa mempelopori harmoni antar agama. Semua hidup saling menghormati. Kondisi Indonesia saat ini masih memprihatinkan. Konflik bernuansa agama dan identitas kerap mewarnai media massa. Perbedaan keyakinan tidak bisa lagi digunakan sebagai alasan saling melukai.” Kata Bu Sinta Nuriyah, Kepada Wartawan.

Ia menjelaskan keragaman justru menjadi basis kita memperjuangkan keadilan bagi yang tertindas. Keragaman membuat kita kaya, maka tidak bisa untuk alasan saling melukai. Untuk itu kita harus saling menghormati dalam semangat silaturahim antar umat beragama. Perbedaan tidak bisa lagi digunakan sebagai alasan saling melukai sesama manusia.

Lebih lanjut, salah satu Tokoh Agama Kristen, Pendeta Olvi mengatakan kerukunan di wilayah Ngampungan, Barengh ini memang sudah tercipta dan begitu terawat indah. Kehadiran Ibu Sinta Nuriyah akan lebih mempertebal semangat persaudaraan yang telah ada sebelumnya.

Hal yang sama juga dikatakan Kiai Sholahuddin Shofwan, panitia penyelenggara menuturkan persaudaraan yang tercermin dalam kegiatan ini perlu lebih ditingkatkan lagi di masa mendatang. Selama mempersiapkan acara ini saya merasa spirit Gus Dur (KH. Abdurrahman Wahid) hadir menyertai.

Sementara itu, Aan Anshari, Kordinator Jaringan Gusdurian mengatakan,”kegiatan ini menjadi agenda rutin keluarga Ciganjur selama 16 tahun. Kali ini mengambil tema ” Dengan Berpuasa Kita Tingkatkan Kearifan dan Keteguhan Iman’. Jombang merupakan wilayah ke 23 dari 27 titik yang akan dikunjungi Sinta Nuriyah. Motivasi kami menyebarkan Islam ramah, toleran dan berpihak kepada kaum mustadzafin,”ucapnya.(an/kanalponorogo.com)

LEAVE A REPLY