Sosialisasi Cegah Virus Corona Melalui Dialog Interaktif Polisi Menyapa

KANALPONOROGO.COM- Polres Ponorogo kembali mengudara melalui Radio Duta Nusantara 92.1 FM Ponorogo, dengan program siaran Dialog Interaktif Polisi Menyapa mengangkat tema Operasi Pekat Semeru 2020 dan pencegahan penyebaran virus Corona ditengah masyarakat. Kamis (26/03/20).

Acara ini diselenggarakan sebagai upaya memberikan informasi kepada masyarakat tentang perkembangan situasi diwilayah Ponorogo, selain itu acara ini dapat diikuti Live melalui Akun facebook Radio Duta Nusantara.

Talkshow menghadirkan dua orang narasumber dari Polsek Pulung, Polres Ponorogo yakni Kapolsek Pulung AKP Denny Fahrudianto, bersama Paur Humas subbag Humas Polres Ponorogo Ipda Yayun Sriwiningrum dipandu penyiar Radio.

Kedua narasumber tersebut menyampaikan beberapa poin berkaitan Pelaksanaan Operasi Pekat Semeru 2020 dan Maklumat Kapolri tentang Kepatuhan terhadap kebijakan Pemerintah dalam penanganan virus Corona (COVOD-19), siaran berlangsung 1 Jam waktu dimulai pada pukul 09.00 sampai dengan pukul 10.00 wib.

Pada sesi pertama Ipda Yayun melaporkan Situasi wilayah Ponorogo selama 1X24 Jam dalam keadaan aman kondusif, dan dua ungkap kasus yang berhasil diraih Polres Ponorogo dan jajaran serta penurunan angka kecelakaan lalu lintas.

Ipda Yayun juga menjelaskan tentang telah berlakunya Operasi Kepolisian “Pekat Semeru 2020” menjelang Ramadhan 1441 H. / 2020 M. dengan sasaran penanggulangan kejahatan penyalahgunan Handak, Petasan, Mercon, Kembang api yang tidak sesuai aturan, Narkoba, Premanisme, Prostitusi, Pornografi dan Perjudian.

Sementara itu AKP Deny menyajikan beberapa kejadian bencana alam tanah longsor yang telah menimpa warga Desa Munggung dan Pulung, hal ini diakibatkan oleh terjadinya hujan yang mengguyur diwilayah Pulung sekaligus memberikan himbauan kepada warga masyarakat untuk lebih waspada dalam menghadapi puncak musim penghujan.

Lebih lanjut kedua narasumber memberikan sosialisasi yang berkaitan Maklumat Kapolri tentang kepatuhan terhadap kebijakan Pemerintah dalam penanganan virus Corona (COVID-19), diantaranya agar warga diharapkan mematuhi untuk tidak menyelenggarakan kegiatan kemasyarakatan yang sifatnya mengumpulkan orang banyak dan menjaga jarak diantara satu dengan lainnya, hal ini dimaksudkan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Warga juga diminta untuk mengawasi anak Sekolah agar belajar dirumah, selain itu mengajak untuk menjalankan pola hidup bersih dengan mencuci tangan yang benar dengan sabun atau antiseptik, mengkonsumsi makanan sehat lebih banyak makan sayur dan buah-buahan untuk menjaga imunitas tubuh.

Pada sesi tanya jawab kedua narasumber juga menjawab beberapa pertanyaan seputar langkah Kepolisian dalam penanganan warga yang masih belum mematuhi Maklumat yang dikeluarkan.

Jawaban dari narasumber bahwa Kepolisian selalu memberikan himbauan secara humanis dan di Ponorogo bisa dijalankan dengan baik, warga masyarakat sangat mendukung langkah yang telah diambil Pemerintah sebagai upaya penanggulangan penyebaran virus Corona, semua dijelaskan dengan jelas agar lebih mudah dipahami oleh para pendengar.

Selanjutnya penyampaian closing statement dari kedua narasumber sekali lagi mengajak masyarakat untuk selalu berpartisipasi aktif membantu Kepolisian dalam menjaga keamanan demi terciptanya situasi yang aman dan kondusif diwilayah Ponorogo khususnya. |sg|.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here