Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas Oleh Kanit Binmas Polsek Sawoo

KANALPONOROGO.COM-Tingkat kecelakaan yang melibatkan anak dibawah umur masih menduduki ranking teratas di wilayah Ponorogo. Penggunaan kendaraan bermotor khususnya R2 bahkan juga sudah disalahgunakan oleh anak anak seumur SD yang secara fisik dan mental sangat belum layak untuk mengendarainya.

Belakangan juga dengan begitu mudahnya kita menjumpai anak seumur SD yang mengendarai sepeda motor di jalan kecil/kampung hingga jalan besar tanpa pengawasan  “Adik adik, jangan sekali kali kalo dirumah naik sepeda motor sendiri lho ya, karena berbahaya”, buka Kanit Binmas Polsek Sawoo Aiptu Subandi saat menjadi pembina upacara di SDN 1 Sawoo, Senin (9/9/2019).
“Karena umur adik adik ini kan belum memenuhi persyaratan. Secara fisik juga belum layak. Misalnya didepan tiba tiba ada orang menyebrang atau jurang pasti kaget dan tidak bisa mengendalikan sepeda motornya. Kan berbahaya itu”, imbuhnya. Larangan penggunaan ranmor oleh anak dibawah umur menjadi atensi tersendiri bagi Aiptu Subandi, selain pembatasan penggunaan HP bagi pelajar, yang juga menjadi isi himbauannya pada upacara bendera kali ini.Kepala Sekolah SDN 1 Sawoo bpk. Gatut Sugiarto, S.Pd.SD juga prihatin atas permasalahan ini. “Kami hanya bisa melakukan pemantauan dan pembinaan di sekolah. Selebihnya kami menyerahkan kepada orang tua masing masing dirumah” katanya.

Pihaknya juga merasa sangat terbantu dengan pihak Kepolisian yang sering melaksanakan pembinaan, seperti melalui upacara bendera tadi. “Kalo dari Polsek Sawoo sering menjadi pembina upacara disini ya, jadi alhamdulilah siswa siswi kami rata rata disiplinnya tinggi” pungkasnya.(rb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here