Tangkal Berita Hoax, Polda Jatim Gelar Literasi Media Bersama Netizen dan Jurnalis

SURABAYA, KANALPONOROGO.COM: Divisi Humas Polri menggelar acara Literasi Media dengan tema ” Edukasi Bicara Baik dan Bijak Bermedia Sosial Bersama Polri Guna Menciptakan Kamtibmas Dunia Siber di Provinsi Jawa Timur ” yang digelar selama dua hari di Hotel Bumi Surabaya, Selasa 24 April sampai 25 April 2018.

Dalam acara Literasi Media  tersebut diikuti oleh 150 netizen (media sosial) dan jurnalis on line di 38 Kabupaten/ kota se Jawa Timur.

Disesi pembukaan hari pertama dibuka langsung oleh Kadiv Humas Polri yang diwakili oleh Kepala Biro Multimedia Brigjen Pol. Drs Rikwanto dan Kapolda Jawa Timur yang diwakili oleh Irwasda Polda Jawa Timur Kombes Pol. Drs Sutardjo.

Acara disambut positif oleh para netizen dan para Media Sosial serta awak media On line se Jawa Timur.

Dalam sambutan awal acara Brigjen Rikwanto, Kepala Biro Multimedia Divisi Humas Polri, menjelaskan,” di era digital sekarang ini banyak berita- berita hoax yang bermunculan di media sosial yang tidak sesuai dengan fakta, maka dari itu Divisi Humas Polri dan Polda Jawa Timur mengajak para netizen dan para Jurnalis On line dalam penanggulan Hoax yang banyak bermunculan di media sosial saat ini, ” jelasnya.

Rikwanto menambahkan, salah satu tugas khusus Polri saat ini adalah membenahi manajemen media. Hal ini guna memberantas penyebaran hoax yang bisa menganggu stabilitas keamanan negara dan ketertiban masyarakat ( Kamtibmas ). Maka dari itu Divisi Humas Polri melalui pendekatan terhadap  media meanstrime, mengelola media sosial, menggunakan intelijen media, mengangkat keberhasilan Polri, menekan berita negatif, respon cepat dan netralisir sentimen negatif serta berita lainnya.

Lebih lanjut, media sosial memiliki kerawanan sebagai penyebar hoax. Jadi jangan terburu-buru untuk mempercayai berita media sosial, ” harus dikaji kembali , apakah berita itu benar atau tidak, jadi jangan terburu disebar luaskan dahulu, dan saya berharap semua media sosial dan media cetak dan on line harus ikut menjaga Kamtibmas dalam Pilgub 2018 ini,” pungkas Rikwanto.

SHARE

LEAVE A REPLY