Tol seksi I Jombang – Mojokerto Alternatif Hindari Kemacetan Arus Mudik

KANALJOMBANG-Mudik lebaran 2016 Tol Jombang – Mojokerto seksi I siap digunakan menjadi jalur alternatif pengurai kepadatan lalu lintas. Tol Jombang – Mojokerto seksi I terbentang mulai dari Kecamatan Bandarkedungmulyo hingga Kecamatan Tembelang sepanjang 14, 7 kilometer, Jumat (24/06/2016).

Humas PT MHI selaku pemegang hak konsesi Tol Jombang – Mojokerto Della Rosito mengatakan Tol Jombang – Mojokerto seksi I bisa menjadi alternatif pengurai kepadatan lalu lintas. Pemudik dari arah Jawa Tengah, Nganjuk, dan Kediri menuju Surabaya, Lamongann bisa memilih jalur ini untuk menghindari kemacetan di sepanjang By Pass Jombang dan dalam kota Jombang.

Ia menambahkan untuk masuk bisa melalui pintu gerbang tol Bandar di wilayah Kecamatan Bandarkedungmulyo. Begitupula pemudik dari arah Lamongan, dan Surabaya melalui Ploso bisa memilih ruas jalan tol ini, melalui gerbang tol Jombang yang terletak di Desa Pesantren, Tembelang.

Terkait penyelesaian pembangunan tol seksi II Jombang – Mojokerto. Menurut Della, progres kontruksi seksi II telah mencapai 61 persen dan pembebasan lahannya mencapai 89 persen. Dan pihak PPT (pelaksana pengadaan tanah) tol Jombang – Mojokerto menerangkan bahwa sebanyak 206 bidang sedang dalam proses konsinyasi, diantaranya Desa Blimbing, Desa Kendalsari, Carang Rejo, Watudakon, Kedungmlati, dan Desa Kedunglosari.

Apabila bulan Juni sudah ada penetapan di Pengadilan, maka pada bulan Agustus awal, lahan dapat diserahkan oleh PPT kepada MHI. Dan pekerjaan kontruksi bisa segera dilaksanakan untuk memenuhi target penyelesaian di tahun 2016 ini.” Bebernya.

Sementara itu, Supervisor Jalan Tol Jombang – Mojokerto, Rifan Tsamani, mengatakan untuk kendaraan yang masuk di tol Jombang – Mojokerto sendiri pada hari biasa rata – rata 1700 unit mobil. Dan diharapkan nanti bisa menjadi alternatif pengurai kepadatan lalu lintas di jalur nasional maupun dalam kota yang berada di Kabupaten Jombang.” Jelasnya.

Sedangkan trafik diprediksi akan mengalami kenaikan pada H – 7 dan puncaknya pada H + 2 dan H + 3. Karena pada hari tersebut merupakan hari akhir pekan Sabtu dan Minggu. Dan untuk menjamin kenyamanan pelintas jalan Tol telah disiagakan mobil derek, ambulan, dan mobil rescue 24 jam nonstop. Bagi pengguna jalan yang membutuhkan informasi juga bisa menghubungi sentra telekomunikasi Tol Jombang – Mojokerto di nomor 0321 – 888123.” Pungkasnya.(an/kanalponorogo.com)

LEAVE A REPLY