TPKJM Madiun Razia Gepeng Dekil

KANALMADIUN: Tim Penanganan Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) Kabupaten Madiun mengejar gelandang dekil di 3 kecamatan, Rabu (25/01/2017).

Keberadaan gelandangan dilokasi umum, selain membuat keresahan warga sekitar juga membuat pemandangan sekitar menjadi tidak baik, sehingga dilaporkan kepada Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK).

Sempat terjadi aksi kejar mengejar seorang gelandangan di Kecamatan Kebonsari, setelah sempat berlari sekitar 100 meter akhirnya dipegang tim. Selanjutnya, gelandangan dibersihkan dan bersama 2 gelandangan lain dikirim ke Panti Sosial di Kediri.

“Gelandangan tertangkap sebanyak 3 orang dari Kecamatan Geger, Dolopo dan Kebonsari. Kedua gelandangan mudah ditangani, lalu dibersihkan yaitu rambut gimbal dipotong dan dimandikan. Saat dimandikan, mereka disabuni dan keramas,” jelas Koordinator TPKJM Fathurrahman.

Begitu juga, tambahnya, gelandangan sempat dikejar, ikut dibersihkan dan dikumpulkan untuk dikirim ke Panti Sosial. Dalam kegiatan itu didukung TKSK, Polsek, Koramil, kecamatan dan perangkat desa setempat. “Keberadaan gelandangan itu juga membuat warga menjadi resah, meski belum sempat berbuat onar,” tandas Fathurrahman.

Ia mengatakan dari ke-3 gelandangan ada mengaku dari Sampang dan Ponorogo, namun tidak bisa menyebutkan asal desanya. Sedangkan, untuk menekan keberadaan gelandangan dilokasi umum, pihaknya tiap bulan melakukan pantauan dan menangkap gelandangan. “Kami berencana rutin menyasar gelandangan,” ujar Fathurrahman lagi.(AS)

sumber kanalindonesia.com

SHARE

LEAVE A REPLY