Tradisi Pedang Pora Iringi Pisah Sambut Kapolres Ponorogo

Tradisi pedang pora dalam pisah sambut Kapolres Ponorogo ( foto : kanal ponorogo)
Tradisi pedang pora dalam pisah sambut Kapolres Ponorogo ( foto : kanal ponorogo)

KANALPONOROGO-Prosesi pisah sambut Kapolres Ponorogo dari AKBP Ricky Purnama kepada AKBP Harun Yuni Aprin di halaman Mapolres digelar dengan tradisi pedang pora, Sabtu (14/05/2016).

Selain disambut dengan tradisi pedang pora, prosesi penyambutan Kapolres Ponorogo yang baru AKBP Harun Yuni Aprin juga disambut dengan kesenian khas Ponorogo yaitu Reyog yang dimainkan oleh anggota Polres Ponorogo dengan penari jathilan dimainkan oleh anggota Polwan.

Kedatangan AKBP Harun Yuni Aprin mendapatkan kalungan bunga dari Kapolres lama yang disematkan oleh siswa TK Kemala Bayangkara, keduanya langsung sama-sama dinaikan ke atas kepala reyog.

Ditemui usai prosesi pedang pora, Kapolres Ponorogo yang baru AKBP Harun Yuni Aprin mengatakan,”prioritas yang kami lakukan adalah evaluasi kinerja kesatuan dan bagaimana pengaruhnya terhadap masyarakat, kita akan meningkatkan kekuatan, penggelaran kegiatan-kegiatan kepolisian sehingga masyarakat bisa terlayani dengan baik,’ucapnya kepada sejumlah awak media.

Kapolres lama dan baru naik diatas kepala reyog ( foto : kanal ponorogo)
Kapolres lama dan baru naik diatas kepala reyog ( foto : kanal ponorogo)

Sementara itu, AKBP Ricky Purnama dalam sambutan pamitanya, mengucapkan terima kasih kepada semua anggota dan juga permintaan maaf selama memimpin di jajaran Polres Ponorogo. Tak lupa Ia juga memohon doa restu agar bisa lebih lancar dalam menjalankan tugas ditempat yang baru.

“Saya ucapkan terima kasih atas bantuan seluruh anggota dalam menjalankan tugas di Ponorogo ini, yang sulit adalah bukan meninggalkan satuan, tapi yang berat dalam perpisahan adalah meninggalkan dan berpisah dengan sahabat-sahabat saya di Ponorogo ini,”ucap AKBP Ricky Purnama.

Usai upacara kemudian dilanjutkan dengan pertemuan dengan semua perwira di ruang aula Polres.  Yang kemudian dilanjutkan dengan pelepasan AKBP Ricky Purnama dengan mengendarai kereta dan diiringi oleh penari jathilan yang dimainkan oleh anggota Polwan Polres Ponorogo.

Wangi bunga melati merebak mengiringi kepergian AKBP Ricky Purnama untuk menjalankan tugas barunya di Mabes Polri. Setelah satu tahun lebih satu bulan bertugas di Ponorogo.(wad/kanalponorogo.com)

LEAVE A REPLY