Ungkap Rasa Syukur, Warga Glingang Arak 220 Tumpeng

KANALPONOROGO.COM: Ratusan tumpeng diarak warga masyarakat Desa Glinggang Kecamatan Sampung, Ponorogo, Jatimn dalam event budaya yang dikemas bertajuk Glinggang Village Festival, Kamis(23/03/2017)

Tak kurang dari 220 tumpeng diarak oleh warga desa yang berangkat dari balai desa Glinggang menuju ke area persawahan desa setempat.

Prosesi sebagai ungkapan rasa sukur ini diawali dengan ritual umbul do’a, yang dipimpin oleh seniman Suprapto Suryo Dharmo dari Surakarta.

Usai umbul do’a dilanjutkan dengan prosesi methik yaitu dengan dimulainya memetik padi.

Selanjutnya seluruh warga dan pengunjung beramai-ramai menikmati tumpeng dan hasil bumi diarea persawahan.

Rangakaian acara Glinggang Festival Village ini tidak berhenti disini saja. Siang harinya acara berlanjut dengan arak-arakan den den sawah, kesenian reyog Ponorogo, kesenian gajah-gajahan dan berlanjut malam harinya warga dihibur dengan berbagai macam hiburan seperti kesenian gejuk lesung, tari dari Solo, pantomim reyog, kembang api dan ditutup dengan pagelaran wayang semalam suntuk.

Kepala Desa Glinggang, Riyanto mengungkapkan,”ini adalah hasil kerja sama pemerintah desa dengan seluruh warga, acara ini dimaksudkan untuk mengungkapkan rasa syukur mereka. Juga sebagai acara yang akan diwariskan untuk anak cucu mereka,”ucap Riyanto.

Dalam event ini Riyanto berharap masyarakat Glinggang kian semangat dan turut serta memakmurkan desa.

LEAVE A REPLY