Api Membakar Rumpun Bambu dan Semak di Kutukulon Jetis

JETIS, KANALPONOROGO.COM: Kebakaran melanda semak-semak dan rumpun bambu yang berada di ladang milik warga yang berada di tepi sungai Keyang masuk Desa kutu Kulon, Jetis, Ponorogo, Senin(14/10/2019) petang.

Api diduga berasal dari sampah daun kering yang dibakar di tepi pemakaman umum dan merembet ke rumpun bambu dan semak- semak disebelah timur pemakaman.

Kebakaran pertama kali diketahui oleh warga yang akan berangkat ke masjid untuk sholat Magrib.

“Tadi pas saya mau berangkat ke masjid, kemudian melihat semak dan rumpun bambu terbakar, yang kemudian bersama warga berusaha memadamkan, namun karena api cepat membesar dan kami hanya menggunakan peralatan seadanya, kamipun kewalahan yang kemudian kami laporkan ke Polsek Jetis,”ucap Wahono, salah satu warga setempat.

Atas kejadian tersebut, keduanya kemudian memberitahukan kepada warga yang lain dan bersama- sama berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya, namun karena tiupan angin yang sangat besar dan keterbatasan air sehingga api sulit padam dan merembet ke arah timur.

Warga kemudian menghubungi perangkat desa dan dilanjutkan laporan  ke Polsek Jetis. Mendapati laporan tersebut, anggota Polsek Jetis segera menghubungi pemadam kebakaran Pemkab Ponorogo. Dua unit kendaran Damkar langsung melakukan pemadaman dan sekitar pukul 19.15 WIB api sudah dapat dipadamkam semua.

Beruntung dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa dan kerugian materiil Nihil.

“Dugaan awal dari pembakaran sampah yang kemduian merembet ke rumpun bambu, api cepat membesar, dan kamipun segera menghubungi pemadam kebakaran untuk melakukan pemadaman,”ucap Kapolsek Jetis AKP Suwito.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here