Home / kombis / Nasional / Politik

Senin, 21 Maret 2016 - 20:44 WIB - Editor : redaksi

EBY Serap Aspirasi dan Sosialisasi RUU Kewirausahaan di Magetan

Ibas sosialisasi dan serap aspirasi RUU kewirausahaan nasional di Desa Pragak, Parang, Magetan ( foto : kanal ponorogo)

KANALMAGETAN-Anggota komisi X DPR-RI Edhi Baskhoro Yudhoyono, sosialisasikan dan serap aspirasi RUU Kewirausahaan dengan mengunjungi pelaku UMKM di Desa Pragak, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan, Senin(21/03/2016).

Dalam kesempatan ini, Ibas sempat berdecak kagum dengan hasil goresan tangan-tangan lembut warga Pragak yang ditorehkan dalam seni batik sehingga menghasilkan karya dengan nilai seni dan ekonomis yang cukup tinggi ini.

Cukup lama Ibas dalam mencermati corak batik tradisional khas Magetan ini, bahkan Iapun sempat ikut mencoba mempraktekan dalam pembuatan batik kelompok usaha yang baru berdiri tiga tahun lalu yang bernama Parangselo ini.

Ibas sambangi perajin batik warga Desa Pragak, Parang, Magetan ( foto : kanal ponorogo)
Ibas sambangi perajin batik warga Desa Pragak, Parang, Magetan ( foto : kanal ponorogo)

Kelompok usaha ini mencoba untuk mempertahankan kekhasan dan mencari inovasi untuk bisa memunculkan dan mengangkat kerajinan batik khas daerah Parang ini. Bahkan dari empat corak (Simbar Beji, Maskumambang, Sekarjati, dan Lika-Liku Bolu) ini salah satunya adalah asli dari Desa Pragak yang dinamai Simbar Beji.

Baca Juga :  Management Persipon, Kecewa Dengan Kepimpinan Wasit Yang Berpihak Dengan Tuan Rumah PSIS

Dalam kesempatan tersebut, Ibas berpesan kepada para perajin agar bisa membuat inovasi dan meningkatkan mutu sehingga bisa memberikan nilai tambah ekonomis dan meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Pragak.“Bagus-bagus sekali ini,”ucapnya singkat.

Selain itu, Ibas juga meperhatikan dan sempat mencicipi produk makanan dari kelompok UMKM warga Desa Pragak yaitu krupuk puli(lempeng) dan gethuk lindri. Ibas memuji karena semua bahan tidak tercampur dengan zat kimia, semuanya alami.”Ini tidak ada yang menggunakan bahan kimia, enak rasanya,”ucapnya sembari mencicipi produk makanan warga Desa Pragak.

Usai itu, EBY lantas melihat-lihat produk anyaman tas yang terbuat dari bahan baku plastik. Disini ia juga sempat mencoba untuk membuat kerajinan tas anyaman plastik ini,”susah juga ya ternyata, satu buah ini bisa diselesaikan berapa lama,”tanya Ibas kepada para Ibu-ibu anggota kelompok UMKM Desa Pragak.

Baca Juga :  Ibas Sosialisasi Empat Pilar Wawasan Kebangsaan di Magetan
Ibas perajin tas umkm warga pragak ( foto : kanal ponorogo)
Ibas melihat perajin tas umkm warga pragak ( foto : kanal ponorogo)

Kepada warga Pragak, Ibas berpesan agar terus berusaha untuk bisa meningkatkan usaha ini, karena dengan kuatnya ekonomi kerakyatan, diharapkan akan mampu menjadi penyangga perekonomian nasional

“Dengan kewirausahaan ini diharapkan  mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi generasi muda, sehingga nantinya juga akan meningkatkan taraf hidup masyarakat. Apalagi dengan kuatnya perekonomian rakyat nantinya juga akan menjadi penyangga perekonomian nasional,”tegasnya.

Sebelum meninggalkan Balai Desa Pragak, Edhi Baskoro Yudhoyono (EBY) sempat untuk memberikan sejumlah bantuan kepada kelompok UMKM warga Desa Pragak, Kecamatan Parang.(wad/kanalponorogo)

Share :

Baca Juga

Nasional

Kunker di Madiun, Presiden Joko Widodo Serahkan SK IHPS dan Kulin KK

Budaya

Komsos Saat Idul Fitri, Babinsa Kodim 0802/Ponorogo Laksanakan Halal Bihalal Bersama Warga Desa Binaan

Nasional

Puncak Harlah Muslimat NU ke 70 Dihadiri Presiden Jokowi dan Pecahkan Rekor MURI

News

PDIP Kirim 4 Nama ke DPP Untuk Mendapatkan Rekom Sebagai Bacawabup

Militer

Pantai Manado Ramai, WASI Siap Pemecahan 2 Rekor Dunia Selam

Nasional

Penting Bagi Masyarakat, LaNyalla Minta Pemda Respon Cepat Keluhan Jalan Rusak

Politik

Mundjidah Ikuti Penjaringan Bacabup Jombang di DPD PDIP Jatim

Nasional

Management Persipon, Kecewa Dengan Kepimpinan Wasit Yang Berpihak Dengan Tuan Rumah PSIS