Pengurus Pemuda Bersatu Membangun (PBM) Ngrayun Resmi Dilantik

KANALPONOROGO.COM: Pelantikan 75 pengurus Pemuda Bersatu Membangun Ngrayun (PBM Ngrayun), oleh Suyadi S.Tr mewakili Camat Ngrayun di Pendopo Kecamatan Ngrayun. Sabtu (23/01/2021).

Dalam acara pelantikan ini, turut dihadiri oleh Wakapolsek Ngrayun IPDA Suparnu Aji, perwakilan dari Koramil Ngrayun Sri Bangun. Dari PBM Ngrayun sendiri dihadiri kurang dari 20 orang anggota sebagai perwakilan dikarenakan adanya aturan pembatasan kegiatan atau keramaian melalui Surat Edaran tentang PPKM. Selebihnya mengikuti prosesi pelantikan melalui sarana daring.

Dalam sambutan ketua PBM Ngrayun, Wahidya Difta Sunanda menyampaikan,”PBM Ngrayun merupakan Organisasi kemasyarakatan yang beranggotakan pemuda-pemudi dari perwakilan seluruh desa di Kecamatan Ngrayun. Awal terbentuknya PBM Ngrayun sendiri berawal dari keresahan, keresahan terhadap Sumber Daya Manusia di Kecamatan Ngrayun yang cukup banyak dan berkualitas disamping Sumber Daya Alamnya. Namun sangat disayangkan masih  banyak yang belum tergerak untuk mengabdikan diri di Kecamatan Ngrayun itu sendiri. Disini PBM Ngrayun menjadi sebuah wadah untuk menaungi dan mewadahi pemuda-pemudi untuk turut berkontribusi Kecamatan Ngrayun. Harapan kedepannya PBM Ngrayun dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan masyarakan dan menjalin persatuan di Kecamatan Ngrayun,”ucapnya.

Dalam sambutannya Wakapolsek Kecamatan Ngrayun IPDA Suparnu Aji, menyampaikan,” tentang perubahan atas undang-undang, salah satunya yang paling penting ialah tentang Organisasi Kemasyarakatan. Hal ini ditegaskan dalam Pasal 83A, pada saat Perppu ini mulai berlaku, semua peraturan perundang-undangan yang merupakan pelaksanaan dari Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan dinyatakan masih tetap berlaku sepanjang tidak bertentangan dengan Perppu No 2 Tahun 2017. Sikap yang harus dimiliki PBM Ngrayun agar pengurus dan anggota PBM Ngrayun memiliki visi dan misi yang bersatu untuk membangun Ngrayun. Lima hal/sikap yang harus dimiliki meliputi IKHLAS, SABAR, ISTIQOMAH, IKHTIAR dan TAWAKAL. Karena kegiatan yang dilaksanakan itu dimintai pertanggungjawaban sebab ketika sudah dilantik sudah menjadi pemimpin.

Dalam sambutannya mewakili Koramil kecamatan Ngrayun , Sri Bangun menyampaikan,” masyarakat di kecamatan Ngrayun mayoritas belum mempunyai keinginan untuk mempromosikan apa yang ada di Ngrayun sehingga seringkali Ngrayun itu dianggap ketinggalan zaman dari pada kecamatan lainnya, padahal sebenarnya Ngrayun itu memiliki potensi SDA dan SDM yang lebih unggul hanya saja masih belum adanya kesiapan dari pemudanya dan belum adanya pergerakan. Selain itu masyarakat se-kecamatan Ngrayun masih memiliki ego yang tinggi. Padahal hal tersebut dapat meruntuhkan suatu organisasi. Untuk itu dengan dilantiknya PBM Ngrayun ini diharapkan mampu membangun Ngrayun agar lebih maju lebih unggul dari kecamatan kecamatan lainnya,”pungkasnya.

Adapun organisasi yang maju itu menurut S.Bangun yaitu organisasi yang mempunyai AD/ART, mempunyai Program Kerja, dan juga mempunyai Tanggung Jawab. “Ayo mbangun Ngrayun bersama-sama… Bersama kita, Bersama PBM Ngrayun, Ngrayun Maju” ujar Sri Bangun penuh semangat.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here