Cegah Kahutla, Patroli Kawasan Hutan, Kapolsek Pudak , Polhut dan Koramil Pudak

KANALPONOROGO.COM-Polsek Pudak , Koramil Pudak dan Polhut gelar patroli terpadu untuk mengantisipasi potensi kebakaran hutan. Patroli dilaksanakan sekaligus sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membuat api di dekat hutan.

Seperti di ketahui, beberapa bulan terakhir ini kabupaten Ponorogo di wilayah kecamatan – kecamatan dilanda musim kemarau dan terjadi kebakaran hutan.Selain itu banyak pula tumbuhan yang meranggas atau menggugurkan daunya. Beberapa tanah di kawasan hutan banyak diseliputi dedaunan dan ranting kering. Jika sampai tersulut api, potensi kebakaran sangat tinggi.

Ranting dan daun kering akan mudah terbakar. Hal ini diperparah dengan minimnya sumber air. Sehingga selain berpotensi kebakaran jika sampai terjadi tentunya juga sulit dipadamkan. Kawasan perbukitan yang semula ditumbuhi rumput lebat pada musim hujan, kini hanya tampak rumput kering yang juga mudah terbakar.

Kapolsek Pudak AKP BAWON,S.H menyampaikan pada situasi ini, ada bahaya yang mengancam yakni kebakaran hutan yang mudah sekali terjadi pada musim kemarau.

“ Jajaran Polsek, Koramil laksanakan patroli bersama dengan petugas Dinas Kehutanan. Ini merupakan patroli terpadu mengantisipasi kebakaran hutan secara dini,” tuturnya, Rabu (24/07/2019).

Kapolsek Pudak juga menyampaikan keamanan hutan adalah tanggung jawab bersama.
Prinsipnya lebih baik mencegah daripada memadamkan api.

“Kami juga memberikan pesan kepada masyarakat untuk mengurangi penggunaan api untuk membakar sampah disekitar hutan, supaya tidak menjalar membakar pohon,” ucapnya.

Humas pudak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here