Cegah Paham Radikalisme, Anggota Polsek Ponorogo Lakukan Sambang Tokoh Masyarakat

KANALPONOROGO.COM-Kota,- Masalah radikalisme dan terorisme saat ini memang sudah marak terjadi di mana-mana, termasuk di Indonesia sendiri. Pengaruh radikalisme yang merupakan suatu pemahaman baru yang dibuat-buat oleh pihak tertentu mengenai suatu hal, seperti agama, sosial, dan politik, seakan menjadi semakin rumit karena berbaur dengan tindak terorisme yang cenderung melibatkan tindak kekerasan. Berbagai tindakan terror yang tak jarang memakan korban jiwa seakan menjadi cara dan senjata utama bagi para pelaku radikal dalam menyampaikan pemahaman mereka dalam upaya untuk mencapai sebuah perubahan.

Untuk melakukan pencegahan tentang paham radikalisme yang mengarah kepada tindakan terorisme, Ps. Kanit Intel Aiptu Gandi M bersama Ps. Kanit Binmas Polsek Ponorogo Aipda Joko Prastiyo pada Jum’at (18/10/2019) melaksanakan sambang ke Kantor Kelurahan Surodikraman Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo.

Ps. Kanit Intel Polsek Ponorogo Aiptu Gandi M di hadapan warga Surodikraman mengatakan dalam hal pencegahan paham radikalisme, tentunya bukan hanya kalangan pemerintah saja yang harusnya mengambil bagian untuk mencegah dan mengatasinya, namun seluruh rakyat harusnya juga ikut terlibat dalam usaha tersebut, terutama para kaum pemuda pemudi.
“Paham radikalisme sudah memasuki sendi-sendi masyarakat, pemuda pemudi sebagai generasi penerus sudah semestinya ikut mencegah masuknya paham radikalisme.” tegas Aiptu Gandi M.

Di harapkan kepada warga masyarakat Kelurahan Surodikraman pertama yang bisa dilakukan agar pemahaman radikalisme tindak berkembang hingga menyebabkan tindakan terorisme yang berbau kekerasan dan konflik ialah melaporkan atau berkonsultasi kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat yang ada di lingkungan tersebut. Dengan demikian, pihak tokoh-tokoh dalam mengambil tindakan pencegahan awal, seperti melakukan diskusi tentang pemahaman baru yang muncul di masyarakat tersebut dengan pihak yang bersangkutan.

Selain itu pengawasan terhadap rumah kost sangat penting mengingat beberapa aksi terorisme setelah di lakukan cek alamat rumah mereka hanya kost atau tinggal sementara.

Kepala Kelurahan Surodikraman mengatakan kesiapannya membantu jajaran kepolisian dalam memerangi terorisme.
“Kami siap bekerja sama dengan pihak Kepolisian dalam memerangi terorisme dengan lebih meningkatkan pengawasan terhadap lingkungan maupun rumah kost.” terangnya.

//humassekta//

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here