Home / Sosial / Wisata

Sabtu, 6 Juni 2015 - 20:51 WIB

Eksotis air Terjun Kedung Mimang

air terjun Kedung Mimang di Desa Karangpatihan

KANALPONOROGO-Dibalik sebutan sebagai salah satu kampung idiot, Desa Karang Patihan, Kecamatan Balong menyimpan tempat wisata yang sangat indah dan eksotik. Warga menyebut air terjun yang berada di balik gunung tersebut dengan Kedung Mimang.

Selain masih alami dan jarang sekali dijamah manusia,lokasi wisata air terjun cukup menantang terutama bagi kelompok pecinta alam.Selain harus ditempuh dengan jalan kaki melalui jalan setapak yang tidak kurang dari 2 km,disekitar lokasi juga terdapat tempat yang bisa dipakai untuk kegiatan panjat tebing.

Air terjun yang berada diantara gunung Rimbung dan gunung Rajek Wesi.Dengan ketinggian lebih dari 15 meter  dengan  kondisi yang betul-betul masih alami membuat rasa lelah dan capek langsung hilang terobati,tertebus begitu melihat indahnya dan merasakan sejuknya udara disekitar air terjun tersebut. Apalagi jika pengunjung langsung menceburkan diri untuk mandi, yang konon menurut cerita warga setempat bisa membuat awet muda.

Baca Juga :  Puncak Harlah Muslimat NU ke 70 Dihadiri Presiden Jokowi dan Pecahkan Rekor MURI

Bermula dari musibah kemarau panjang yaitu pada tahun 2009,saat itu warga Dusun Tanggungrejo mengalami kekeringan berkepanjangan sehingga sulit untuk mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari,yang kemudian warga berniat mencari sumber air bersih dengan masuk ke hutan dilereng Gunung Rimbung. Dibalik semak-semak dan lebatnya hutan yang jarang sekali dimasuki itu ditemukanlah air terjun yang kemudian oleh warga dinamai “Kedung Mimang”,karena didekat air terjun tersebut ditemui pohon mimang.

Baca Juga :  Sat Reskrim Polres Ponorogo Gelar Bazar Sembako Murah

Sementara kepala desa setempat berharap kepada Pemda untuk bisa membantu agar air terjun Kedung Mimang bisa lebih dikenal dan banyak dikunjungi sebagai alternative tempat wisata, yang diharapkan bisa memberikan nilai tambah bagi PADES Karang Patihan dan memberikan nilai ekonomi bagi warga sekitar. “Kami berharap ada turun tangan dari Pemkab,”ucapnya.(K-1)

Share :

Baca Juga

Birokrasi

Tamat Sudah Lokalisasi Kedung Banteng, Pemkab Bongkar Paksa Bangunan Yang Tersisa

News

Dewan Berharap Bekas Lokalisasi Dimanfaatkan Optimal

News

Film Karya Anak Ponorogo Masuk Nominasi FFPJ

Demokrasi

Warga RW 05, Semampir Kediri Akan Bela Hak Sampai Mati

News

Kwarcab Ponorogo Peringati HUT Pramuka ke 54

Headline

Ramadhan Penuh Berkah Polwan Polres Ponorogo Berbagi

News

Pecinta Trail Ponorogo Gelar Sholat Istisqo

kombis

Tutup Rangkaian Reses, Ibas Kunjungi Petani Sayur Plaosan