Kapolres Ponorogo Launching Kampung Tangguh Wagir Kidul Pulung

KANALPONOROGO.COM: Kapolres Ponorogo AKBP. Mochamad Nur Azis, bersama Forpimcam Pulung melaunching Kampung Tangguh Semeru 2020 di Balai Desa Wagir Kidul, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Sabtu (11/07/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Ponorogo AKBP. Mochamad Nur Azis memperkenalkan diri sebagai pejabat baru di Polres Ponorogo dan juga memperkenalkan PJU Polres Ponorogo, serta berharap bantuan kerjasamanya dari semua lapisan masyarakat.

“Perkembangan penyebaran virus COVID-19 dalam kurun waktu 4 bulan terakhir sebanyak 31 orang, namun dalam 2 minggu terakhir naik menjadi 77 orang yang terpapar virus COVID-19. Oleh karena itu, apabila ada warga yang datang dari luar wilayah diharap masyarakat segera tanggap,”ucap Kapolres Ponorogo AKBP Mochammad Nur Azis.

Kapolres berharap agar setiap orang harus jujur apabila ditanya terkait sakit dan riwayatnya, serta berhati hati dan selalu menerapkan protokoler kesehatan COVID-19.

Dikatakan Kapolres, pencegahan penularan virus COVID-19 di Desa Wagir Kidul sudah cukup baik, namun harus terus diterapkan dan lebih ditingkatkan demi kesehatan bersama.

Selain itu, tahun ini tanggal 09 Desember 2020 akan dilaksanakan Pilkada Kabupaten Ponorogo.

“Saat ini sudah dimulai tahapan Pilkada, kedepan masyarakat agar memilih bupati yang terbaik sesuai hati nurani dan tetap menjaga kondusifitas Kamtibmas di wilayah masing masing. Dalam Pilkada TNI-POLRI bersifat netral,” tambahnya.

Ditambahkan, Pemkab sudah mencanangkan new normal dimana setiap tanggal 11 sudah mulai dilaksanakan pentas reyog rutin bulanan namun pelaksanaannya 1 kecamatan hanya 1 desa dengan menerapkan protokoler kesehatan COVID-19.

Sementara Camat Pulung Wasis, menyampaikan ucapan selamat datang kepada Kapolres Ponorogo di Desa Wagir Kidul, Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo.

“Di Kecamatan Pulung terdapat 3 kampung tangguh yakni Desa Wagir Kidul, Desa Wotan, dan Desa Serak. Berkat kerjasama 3 pilar, COVID-19 di wilayah Kecamatan Pulung dapat diantisipasi,” ungkapnya.

Wasis juga menjelaskan, kegiatan di kampung tangguh diantaranya lumbung pangan serta edukasi kepada masyarakat.

“UMKM di Desa Wagir Kidul terdampak dengan adanya COVID-19 namun masih bisa berjalan,” katanya.

Kades Wagir Kidul Suhariyanto,  dalam sambutanya menyampaikan,”kami ucapkan selamat datang kepada Kapolres Ponorogo di Desa Wagir Kidul. Terima kasih telah memberikan saran dan masukan terkait Kamtibmas dan Kampung Tangguh Semeru bagi masyarakat Desa Wagir Kidul,”ucapnya.

Suhariyanto juga menjelaskan, situasi dan potensi yang dimiliki Desa Wagir Kidul, jumlah masyarakat sebanyak 4.872 Jiwa, 1996 KK dan 1380 rumah tinggal.

“Kampung Tangguh Semeru sudah terbentuk dan berjalan sesuai dengan ketentuan, sebelumnya mulai bulan Maret 2020 untuk pencegahan COVID-19 pihak desa sudah menerapkan protokoler kesehatan COVID-19, diantaranya dibentuk 150 relawan, pembagian masker, ruang isolasi mandiri dan laim,”jelasnya.

Disebutkanya, dalam penanganan virus COVID-19, pihak desa selalu berkoordinasi dan melaksanakan kegiatan bersama secara berkesinambungan.

Dalam giat tersebut selain dihadiri Forpimcam Pulung, Kades se-Kecamatan Pulung dan tokoh masyarakat Desa Wagir Kidul juga dilakukan pemutaran vidio penanganan COVID-19 oleh 3 pilar Desa Wagir Kidul, Kecamatan Pulung.

Di penghujung acara, Kapolres menyerahkan sarana kontak Kampung Tangguh Semeru Kepala Desa Banaran.

Launching Kampung Tangguh Semeru Desa Wagir Kidul ditandai dengan pemukulan gong oleh Kapolres Ponorogo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here