Kapolsek Pulung Rangkul Pramuka Cegah Karhutla

KANALPONOROGO.COM Kapolsek Pulung AKP Denny Fahrudianto, S.Sos., beserta anggotanya tengah gencar melakukan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang biasa terjadi disaat musim kemarau seperti sekarang dengan kondisi daun kering dan semak belukar yang rawan terbakar.

Kebakaran hutan dan lahan sudah menjadi isu nasional karena dampak yang ditimbulkan sangat berbahaya bagi keselamatan jiwa manusia, harta benda bahkan apabila area yang terbakar sangat luas asap yang ditimbulkan sampai ke negara tetangga yang dapat menjadi masalah serius.

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolsek Pulung kepada peserta Pramuka Gugus Depan 1705/06 SMA Negeri 1 Pulung yang sedang melakukan Kemah uji kenaikan tingkat Penggalang ke Penegak yang dipusatkan dikawasan hutan pinus petak 118D RPH Mendak BKPH Wilis selatan KPH Lawu DS atau tepatnya berada di Dukuh Gondangsari Desa Banaran Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. Kamis (07/08/19).AKP Denny mengajak peran Pramuka sebagai generasi milenial untuk berpartisipasi aktif dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sebab gerakan Pramuka wadah bagi kawula muda yang mempunyai motto sejalan dengan pelestarian alam dan cinta lingkungan.

Kawasan hutan pinus sangat rawan terjadi kebakaran mengingat disekitar lokasi ini masyarakat diberikan kesempatan oleh Perhutani untuk mengelola berbagai jenis tanaman pangan seperti kol, ketela pohon, jagung dll, sehingga sangat perlu diberikan pengetahuan agar lebih memperhatikan bahaya kebakaran dan tidak sembarangan membakar semak belukar.

“Mengajak agar anggota Pramuka untuk turut membantu mensosialisasikan kepada masyarakat sekitar dan keluarga untuk mencegah karhutla karena sudah menjadi tugas kita semua untuk menjaga lingkungan, kebakaran hutan harus kita cegah bersama, demi kelestarian alam, lingkungan dan sumber daya hayati,” jelas Kapolsek

“Pramuka sebagai generasi muda yang berkarakter harus mampu meyakinkan orang tuanya, keluarga dan masyarakat sekitarnya untuk tidak membakar lahan dan hutan, kita pelihara hutan ini agar tetap lestari sehingga bisa bermanfaat bagi generasi sekarang dan yang akan datang.” lanjutnya.

Pada kesempatan itu dilokasi yang sama ajakan untuk menjaga lingkungan dan mencegah karhutla juga disampaikan oleh Supriyanto, S.Pd., selaku Ketua Pembina Pramuka Gugus Depan 1705/06 SMA Negeri 1 Pulung.

Selain itu Polsek Pulung juga menggandeng Polisi Kehutanan dan TNI melakukan kampanye pencegahan karhutla dengan aksi mengadakan patroli gabungan dan memasang berbagai spanduk himbauan diberbagai titik serta lokasi sekitar kawasan hutan.GG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here