KANALPONOROGO. COM,- Kodim 0802/Ponorogo hari ini menggelar kegiatan pembinaan kerukunan antar umat beragama bertempat di Balai Prajurit Kodim 0802/Ponorogo, Rabu (16/06/2021).

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Staf Kodim 0802/Ponorogo, Mayor Inf Misirin tersebut bertema ” Mewujudkan Binter TNI AD yang Adaptif melalui Kegiatan Pembinaan Kerukunan Umat Beragama Demi Mencegah Konflik Sosial Antar Umat Beragama Serta Menjaga Persatuan Dan Kesatuan Bangsa. ”

Kasdim 0802/Ponorogo saat membaca sambutan Komandan Kodim 0802/Ponorogo pada acara tersebut diantaranya menyampaikan bahwa tujuan digelarnya pembinaan kerukunan antara umat beragama yaitu untuk mewujudkan dan menyatukan perbedaan guna terwujudnya suasana yang aman, tentram dan damai ditengah perbedaan.

” Kita ketahui bersama bahwa permusuhan yang di picu agama merupakan salah satu penyebab utama permasalahan yang sangat krusial yang dapat membuat masyarakat di suatu negara terpecah belah, saling bermusuhan yang akhirnya berujung pada pertikaian yang berkepanjangan, ” kata Dandim 0802/Ponorogo dalam sambutan yang dibaca Kasdim 0802/Ponorogo.

” Untuk itu, kebersamaan dan sinergitas dengan semua komponen bangsa sangatlah penting serta strategis dalam menyikapi perkembangan di wilayah Kabupaten Ponorogo yang selama ini senantiasa aman dan kondusif. Namun demikian kita tidak boleh lengah dan tetap harus waspada, terutama dengan melihat perkembangan situasi global dan nasional, ada beberapa peristiwa yang harus diwaspadai eksesnya antara lain masih maraknya berita – berita hoak maupun ujaran kebencian yang sering beredar di media sosial terutama konten-konten terkait isu politik, ” kata Dandim 0802/Ponorogo dalam sambutan.

Pelaksanaan kegiatan kerukunan umat beragama oleh Kodim 0802/Ponorogo menyajikan beberapa materi antara lain : materi toleransi umat beragama dalam perspektif ajaran Islam, toleransi umat beragama dalam perspektif ajaran Katolik, toleransi umat beragama dalam perspektif ajaran Hindu, toleransi umat beragama dalam perspektif ajaran Protestan serta penyampaian materi Tri kerukunan umat beragama di Indonesia.(MdC0802)

- - - Media jaringan Kanal Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here