Komitmen Polsek Pulung Sukseskan Program ODF

KANALPONOROGO.COM. Kapolsek Pulung AKP Denny Fahrudianto, berkomitmen mendukung pelaksanaan program ODF (Open Defecation Free) pola hidup terbebas dari buang air besar sembarangan BABS, melalui Bhabinkamtibmas ikut mensosialisasikan ditengah-tengah warga desa binaan.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri Lokakarya Mini Lintas Sektoral UPT Puskesmas Pulung membahas program ODF dan penanda tanganan Komitmen Lintas Sektor meningkatkan mutu dan kinerja Puskesmas bertempat di Aula Puskesmas Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. Kamis, (12/12/2019).

Lokakarya juga dihadiri Camat Pulung Wasis A.P., Danramil Lettu Inf. Bambang Sugiharto, Koordinator wilayah dinas terkait, Forum Kepala Desa, Ketua Penggerak PKK Desa dan Bidan Desa, sementara pemaparan oleh UPT Puskesmas Pulung dr. Endah Purwanti.

“Open Defecation Free (ODF) adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, sehingga untuk memutuskan rantai penularan ini harus dilakukan rekayasa pada akses ini, usaha tersebut akan berhasil jika adanya wc / jamban yang memadai,” jelas dr. Endah.

Pada kata sambutannya Kapolsek Pulung akan mendorong seluruh Bhabinkamtibmas untuk ikut berperan mensukseskan program ODF dengan melakukan sosialisasi upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu kesehatan masyarakat dan memberikan anjuran agar warga memiliki wc / jamban ditiap-tiap rumah.

“hal tersebut dimaksudkan agar terpenuhi kebutuhan kesehatan bagi masyarakat dan terbebas dari buang air sembarangan yang berpotensi menimbulkan penyakit,” ujar Kapolsek.

“Diharapkan kepada hadirin untuk dapat memberikan pemahaman serta kesadaran kepada masyarakat betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.” pungkasnya. [SG/tnt].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here