KTH Arga Lestari Desa Selur Sabet Juara 2 Lomba Wana Lestari Nasional

NGRAYUN, KANALPONOROGO.COM: Kelompok Tani Hutan (KTH) Arga Lestari Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Ponorogo, Jatim berhasil menyabet juara terbaik kedua lomba wana lestari tingkat nasional yang digelar Kementerian Lingkungan Hidup.

KTH Arga Lestari sebelumnya telah berhasil meraih juara pertama ditingkat provinsi dan berhak mewakili Provinsi Jawa Timur untuk maju di tingkat nasional.

Dari seluruh perwakilan masing masing provinsi yang telah dilakukan penilaian dan verifikasi, Kelompok Tani Hutan Arga Lestari  masuk nominasi terbaik bersama kelompok Tani Hutan yang berasal dari provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Bali

“Salah satu kategori peserta adalah KTH. Yaitu Kelompok Tani Hutan dimana dari hasil seleksi KTH yang ada di Propinsi Jawa Timur akhirnya terseleksi KTH Arga Lestari Selur menjadi Peringkat 1 Jatim,”ucap Prapto, Kepala Desa Selur saat dihubungi kanalindonesia.com melalui sambungan telephune seluler.

Ditambahkan Prapto,”dari hasil seleksi tingkat provinsi tersebut, akhirnya menjadi duta Provinsi Jawa Timur untuk mengikuti seleksi dan penilaian yang diadakan oleh Kementerian LHK dan bersaing dengan provinsi lain se Indonesia,”imbuhnya.

Disebutkan Prapto, Kelompok Tani Hutan Arga Lestari memiliki program  unggulan yaitu sadap pinus hutan rakyat, peternakan dan UMKM ini mampu mengantarkan KTH Arga Lestari Selur terpilih terbaik ke 2 lomba Wana Lestari Tingkat Nasional.

Dengan keberhasilan meraih juara terbaik ke dua tingkat nasional tersebut, perwakilan KTH Arga Lestari bersama-sama dengan para pemenang lomba dan penerima Apresiasi Wana Lestari akan mendapat penghargaan dari Menteri LHK, Siti Nurbaya.

Selain itu sebagai bentuk penghargaan, pemenang lomba dan apresiasi bakal diikutkan dalam upacara detik-detik peringatan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus di Istana Negara dan mengikuti sidang bersama DPD-DPR pada 16 Agustus.

Selanjutnya, dalam rangka meningkatkan pengetahuan sesama pemenang lomba, BP2SDM KLHK juga akan menggelar temu karya dengan tukar-menukar informasi dan pengalaman yang disampaikan dalam bentuk paparan, pemutaran video kegiatan unggulan, dan diskusi.

Dalam kegiatan itu juga akan dilakukan demonstrasi teknologi tepat guna oleh penyuluh kehutanan ahli tentang alat menaikkan ph air.

Kegiatan ini juga akan dibarengi dengan pameran kopi hutan produksi Kelompok Tani Hutan (KTH) dengan tema temu usaha sebagai bagian dari solusi pemasaran koopi di Manggala Wanabakti.(red)

KANAL INDONESIA NETWORK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here