Laporkan Perkembangan dan Tindak Lanjut Penanganan Covid-19, Dandim 0802/Ponorogo Vidcon bersama Danrem 081/DSJ

Video conference (vidcon) bersama Komandan Korem 081/Dsj, Rabu (08/04/2020).

KANALPONOROGO.COM,- Menyikapi perkembangan wabah pandemi covid-19 di wilayah Ponorogo serta upaya menanganinya, terutama mengantisipasi warga yang mudik, hari ini bertempat di Gedung Pamungkas Kodim 0802/Ponorogo, Komandan Kodim 0802/Ponorogo bersama Kasdim 0802/Ponorogo dan para Pasi Kodim 0802/Ponorogo melakukan video conference (vidcon) bersama Komandan Korem 081/Dsj, Rabu (08/04/2020).

Dalam video conference (vidcon) tersebut, Komandan Korem 081/Dsj, Kolonel Inf Masduki, S.E., M. Si. menerima laporan dari para Komandan Kodim jajaran Korem 081/Dsj secara bergilir. Sampai pada Kodim 0802/Ponorogo, Letkol Inf Sigit Sugiharto selaku Komandan Kodim 0802/Ponorogo melaporkan perkembangan dan upaya penanganan terhadap para warga yang mudik ke wilayahnya.

Dilaporkan Letkol Inf Sigit Sugiharto bahwa langkah dan upaya yang dilaksanakan Kodim 0802/Ponorogo dalam menangani pencegahan covid-19 terutama menghadapi para warga yang mudik di wilayahnya sudah berkoordinasi dengan unsur terkait termasuk Pemkab. Ponorogo dengan menyiapkan gedung di seluruh wilayah desa dan kelurahan wilayah Ponorogo.

Untuk pelaksanaan penyiapan gedung bagi para pemudik tersebut, Kodim 0802/Ponorogo melibatkan Koramil jajaran dengan menerjunkan para Bintara Pembina Desa (Babinsa) di wilayah agar bekerja sama dengan aparat desa di wilayah binaan untuk mendorong dan merealisasikan gedung dan bilik tersebut.

Usai menerima laporan para Dandim jajaran Korem 081/Dsj melalui vidcon, Komandan Korem 081/Dsj memberikan instruksi dan arahan untuk dilaksanakan dan dipedomani oleh para Komandan Kodim jajaran Korem 081/Dsj bahwa dalam penyiapan gedung bagi warga yang mudik hendaknya dibuatkan surat laporan pemakaian gedung sehingga ada pertanggungjawaban yang jelas.

Danrem 081/Dsj juga memerintahkan untuk melaporkan kondisi gedung yang akan dipakai sehingga bila ada hal-hal yang perlu penanganan bisa segera ditindaklanjuti.

Berkenaan dengan cara penanganan dan pencegahan terhadap penyebaran virus corona, Komandan Korem 081/Dsj menyampaikan agar benar-benar selektif dan bisa menggunakannya dengan benar. Salah satu yang dicontohkan adalah penggunaan disinfektan misalnya hanya bisa digunakan oleh barang/benda, ruangan. Sedang untuk manusia bisa memakai antiseptik atau sabun.

Danrem 081/Dsj juga memerintahkan kepada seluruh prajurit dan PNS jajaran Korem 081/Dsj agar setiap keluar rumah wajib mengenakan masker yang jenisnya sudah dijelaskan sesuai petunjuk dari komando atas. Masih berkenaan dengan masker, Danrem 081/Dsj menghimbau kepada Kodim jajaran manakala ada anggota yang bisa membuat masker hendaknya bisa diberdayakan dengan membuat dalam jumlah banyak sehingga bisa dimanfaatkan untuk kemaslahatan orang banyak.

Yang terakhir Komandan Korem 081/Dsj menghimbau seluruh anggota Korem 081/Dsj dan jajaran untuk selalu menjaga kondisi masing-masing dengan terus menerapkan arahan dan himbauan dari komando atas tentang cara dan langkah yang bisa mencegah agar terhindar dari covid-19. Komandan satuan hendaknya terus mengingatkan anggota terutama yang melaksanakan tugas dilapangan yang memang sangat berisiko tinggi terkena dampak dari virus tersebut agar jangan sampai bertindak salah atau gegabah termasuk melaksanakan jabat tangan atau yang lainnya yang berpotensi terkena covid-19.(MdC0802)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here