Pemkab Ponorogo Besuk Lakukan Rapid Test dan Swab kepada 92 Santri Pondok Gontor 2

Kadinkes Ponorogo Rahayu Kusdarini

KANALPONOROGO.COM: Paska adanya satu santri yang terkonfirmasi positif COVID-19, Pemkab Ponorogo akan segera melakukan pemeriksaan rapid test dan swab PCR kepada 92 santri Pondok Modern Darussalam Gontor 2 yang berada di Desa Madusari, Kecamatan siman, Kabupaten Ponorogo, Rabu(08/07/2020) besuk.

Ke 92 santri tersebut merupakan hasil tracing kontak erat dengan santri yang telah dinyatakan positif COVID-19.

 “Kontak ini hasil penelusuran dengan rekan santri yang positif dan pimpinan pondok. Kita koordinasi riwayat kontak santri tersebut,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ponorogo, Rahayu Kusdarini kepada awak media, Selasa (07/07/2020).

Kepala Dinas kesehatan Ponorogo Rahayu Kusdarini menyatakan data kontak berada pada pimpinan pondok dan rekan-rekan santri yang bersangkutan. Pihaknya saat ini masih terus melakukan komunikasi dengan pihak pondok.

 “Kita akan melakukan pemeriksaan 92 kontak, ada yang rapid test dan sebagian langsung uji swab,”tuturnya.

Kasus COVID-19 di Pondok Gontor 2 yang berada di Desa Madusari, Kecamatan Siman itu bermula saat seorang santri putra berusia 17 tahun asal Sidoarjo datang ke pondok tersebut, Rabu (17/06/2020) lalu.

Dinkes Jatim mendapatkan informasi bila ayah kandung santri putra itu terkonfirmasi positif COVID-19 dan langsung menginformasikan ke Gugus Tugas COVID-19 Ponorogo. Setelah mendapatkan informasi dari Dinkes Jatim, Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo segera mengambil langkah untuk memeriksa swab PCR pada santri tersebut, dan pada Senin (06/07/2020) didapatkan santri putra itu positif COVID-19.

Untuk langkah pencegahan penularan, saat ini santri putra itu telah diisolasi di rumah sakit.

Pemerintah Kabupaten Ponorogo pun sementara waktu menutup akses keluar masuk Pondok Gontor 2 yang berada di Desa Madusari, Kecamatan Siman, termasuk bagi warga setempat.(wa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here