KANALPONOROGO.COM: Penyaluran BPNT mulai saat ini diberikan secara tunai. Ini sesuai dengan arahan Presiden RI pada rapat terbatas 15 februari 2022 untuk mempercepat penyaluran Bantuan Sosial tahun 2022, maka penyaluran Bantuan Sosial Program Sembako/BPNT dilaksanakan pada februari 2022 yang disalurkan melalui PT POS Indonesia dalam bentuk tunai.

Secara serentak Kick off penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) secara tunai dari Kementrian Sosial melalui PT. Pos Indonesia mulai disalurkan pada hari ini Minggu (20/2/2022) di dua Kelurahan di Ponorogo.

Perdana penyaluran di dua Kelurahan yang mulai disalurkan yakni Kelurahan Nologaten dan Kelurahan Cokromenggalan. Ada 258 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang menerima BPNT secara tunai di dua Kelurahan tersebut.

“Di Kelurahan Nologaten ada 93 KPM dan di Kelurahan Cokromenggalan ada 165 KPM, tapi ini belum keseluruhan karena masih divalidasi dan disempurnakan data dari pusat,” Ungkap Plt Kepala Dinas Sosial dan P3A Kabupaten Ponorogo, Hadi Prayitno.

Hadi juga menjelaskan ini merupakan pencairan awal triwulan pertama yakni bulan Januari, Februari, Maret, dan diberikan pada pertengahan bulan Februari. Untuk menyaluran ini sebenarnya ditargetkan rampung pada tanggal 3 Maret nanti, tapi saldo belum masuk ditiap-tiap KPM, maka diundur sampai tanggal 5 Maret ditargetkan rampung.

“Ini domainnya dari Kantor pos, karena Kantor Pos memiliki kewenangan daerah mana yang didahulukan,” Jelasnya.

Sementara itu Kang Bupati Sugiri Sancoko berpesan dengan disalurkannya BPNT secara tunai ini, nantinya masyarakat diberikan leluasaan untuk mengelola sendiri BPNT yang ia terima untuk ketahanpangannan keluarga.

“Terima kasih Kemensos yang telah mengubah secara tunai, saya pesan kepada masyarakat jangan dibelikan yang aneh-aneh, ini untuk ketahanpanganan yang sifatnya sangat pokok, biar kemudian kedepan ketahanpanganan keluarga bisa teratasi,” Pungkasnya.

- -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here