Polres Ponorogo Cegah Radikalisme Dengan Safari Jum’at

Tribratanews.polri.go.id-Polres Ponorogo – Kapolres Ponorogo bersama PJU Polres Ponorogo dan Kapolsek Slahung melaksanakan Safari jumatan di Masjid Al – Furqon Dukuh Dawang Desa Slahung Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo diikuti oleh +- 300 orang jamaah. Jumat, tgl 29 Maret 2019.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kapolres Ponorogo AKBP Radiant, SIK, M.Hum, Pejabat Utama Polres Ponorogo, Kapolsek Slahung AKP Paidi S.H. beserta Anggota Polsek Slahung,Danramil Slahung Kapten Inf. Sunardji beserta Anggota Koramil Slahung
serta jamaah Jum’at Masjid Al Furqon Dukuh Dawang Desa Slahung Ponorogo.

Safari Jum,at yang di selenggarakan dari masjid ke masjid guna mendekatkan diri dengan masyarakat dan cara yang efektif untuk menyampaikan pesan kamtibmas yang di awali dengan Shalat Jum-at yang bertindak sebagai Imam Sutrisno,Khotib  Sulaji Muadzin Sapto Aji

Sulaji Khotib menyampaikan dalam tuntunan ajaran agama Islam kita diperintahkan untuk memuliakan orang tua dengan memperlakukannya secara baik dalam bentuk perkataan, sikap dan Tindakan. Orang Tua adalah jimat, pusaka dan keramat kita di dunia. Keridhaan orang tua akan menjadi sumber kesuksesan kita di dunia dan kemarahan merupakan sebuag bencana dalam kehidupan. Keridhaan Allah tergantung kepada Keridhaa  orang tua  dan kemarahan Allah tergantung kemarahan orang tua. Sebuah kebahagian apabila orang tua masih dalam keadaan Sehat dan masih bersama kita terlebih sosok ibu yang telah susah payah melahirkan kita di Dunia.Ibu adalah orang yang sangat berjasa dan akan menghantarkan kita ke Surga. Sebanyak apapun yg pernah kita berikan, apapun yg pernah kita serahkan kepada orang tua tidak akan setimpal dengan perjuangn dan pengorbanan mereka yang telah membesarkan kita. Mintalah keridhaan dan keikhlasan orang tua untuk bekal hidup kita baik di Dunia maupun di akhirat nantinya.

Seusai Shalat Jum’at Kapolres Ponorogo AKBP Radiant, SIK, M.Hum menyampaikan, bahwa radikalisme adalah aliran yang menginginkan pembaharuan sosial politik secara cepat dan keras serta ektrim yang bertentangan dengan pancasila dan UUD 45.

Safari Jum’at bertujuan guna untuk menangkal paham radikalisme dan anti NKRI selain Pelaksanaan Shalat Jum,at  juga berdiskusi dengan tokoh agama dan Takmir masjid dan jamaah masjid Al Furqon terkait pemahaman untuk  mengantisipasi paham Radikalisme dan anti NKRI di jaman milenial seperti saat ini.

“Perjalanan sejarah perjalanan bangsa Indonesia mulai pasca kemerdekaan sampai saat ini diwarnai aksi kelompok-kelompok yang mempermasalahkan bentuk negara, dan dasar negara baik kelompok extrem kanan maupun kiri. Dan terjadinya beberapa pemberontakan baik jaman PKI tahun 48, DITII, PKI tahun 65, serta bangkitnya gerakan ormas yang mengusung konsep negara khilafah atau daulah islamiah. Yang merupakan paham atau gerakan mempertentangkan konsensus  kedaulatan negara Pancasila Bhineka Tunggal Ika NKRI dan UUD 1945. Sebagai konstitusi negara siapapun yang bertentangan dengan konsesus negara dapat di kategorikan sebagai teroris karena 4 konsesus negara ini kita lihat bahwa, sudah final fending, fader dan seluruh masyarakat bangsa Indonesia. Maka diharapkan kepada jamaah masjid al Furqon  ini mampu menangkal radikalisme dan anti NKRI menciptakan situasi kondisi Pemilu Tahun 2019 aman, damai dan kondusif di wilayah Ponorogo, “kata Radiant.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres Ponorogo juga memberikan tali asih kepada takmir masjid Al Furqon berupa jam dinding, sajadah, rukuh dan senter kedip kepada Takmir Masjid, kemudian kegiatan dilanjutkan dengan ramah tamah bersama. nut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here