Polres Ponorogo Gelar Apel Kesiapan Pengamanan Pungut Hitung Pileg & Pilpres 2019

KANALPONOROGO.COM (KP) – Polres Ponorogo menggelar apel kesiapan pengamanan pemungutan dan penghitungan suara Pilpres 2019, Sabtu (13/04/2019) dipusatkan dihalaman Mapolres Ponorogo.

Kegiatan apel kesiapan pengamanan pemilu 2019 dipimpin langsung Kapolres Ponorogo AKBP. Radiant, S.I.K, M. Hum, diikuti sebanyak 710 orang, sedang yang terlibat pam TPS ada 612 personil.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolres Ponorogo Kompol MOH. Roni Mustofa, S.I.K., M.I.K, PJU Polres Ponorogo, Kapolsek dan Jajaran dan Anggota yang terlibat Ops Mantab Brata

Adapun susunan pejabat apel, Pimpinan Apel Kapolres Ponorogo AKBP Radiant, S.I.K., M.Hum., Komandan Apel Kasat Sabhara Polres Ponorogo AKP Djoko Winarto, SH, Perwira Apel IPDA Setyo Budi Santoso, Peserta apel Petugas Pam TPS (Anggota Polres Ponorogo dan Polsek Jajaran).

Pada kegiatan apel juga dilakukan penyerahan uang saku, bekal kesehatan, pemasangan Ban Lengan TPS dan penyerahan buku saku, perwakilan menghadap pimpinan apel

Dalam sambutannya, Kapolres Ponorogo AKBP Radiant menyampaikan, Polres Ponorogo beserta jajarannya yang didukung oleh TNI, instansi terkait dan mitra Kamtibmas lainnya melaksanakan operasi kepolisian terpusat dengan sandi Mantab Brata Semeru 2019 dalam rangka pengamanan tahap inti Pemilu 2019.

“Langkah yang dilakukan dengan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif yang didukung giat intelijen dan Gakkum sehingga terwujud situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah Kab Ponorogo,” tuturnya.

Menurutnya, Puncak pesta demokrasi yaitu tanggal 17 April 2019 sehingga petugas pam TPS segera mempersiapkan diri untuk bergeser ke masing-masing TPS.

Selain itu lanjut Kapolres, petunjuk, arahan dan penekanan PAM di TPS, Petugas TPS harus dilengkapi Sprin, buku register dan buku saku serta datang di TPS H-2 sebelum pemungutan suara, Kenali anggota linmas, perangkat desa dan KPPS serta jumlah hak pilih, Kenali tokoh masyarakat untuk kerjasama harkamtibmas, Ketahui Medan dan lingkungan lokasi TPs, Cek kelengkapan TPS serta batas TPS.

“Gunakan diskresi kepolisian apabila diperlukan serta melapor pada Kapolres pada kesempatan pertama,” terangnya.

Dikatakan, tentukan jalur PAM dan wal kotak suara yang aman serta tentukan jalur alternatifnya jika terjadi kendala, Petugas PAM berada di luar garis batas TPS, Jaga netralitas saat melaksanakan tugas, Tidak ada yang membawa senpi, Jaga kesehatan dan keselamatan.

“Apel ini dilaksanakan dalam rangka pengecekan dan kesiapan sarana prasarana proses pungut dan hitung Pileg dan Pilpres 2019 di wilayah Kab. Ponorogo dan Pengamanan pemungutan dan penghitungan suara Pileg dan Pilpres 2019 di 2937 TPS,” tukasnya. (mny)Publish Nud

SHARE

LEAVE A REPLY